Jadwal Kereta Api – Selamat datang di website Tiketly.com, semoga informasi yang dibagikan bermanfaat untuk Anda.

Harga Tiket & Jadwal Kereta Api

Sejarah Kereta Api di Dunia

Penemu Kereta Api pertama di dunia adalah George Stephenson merupakan seorang insinyur rel kereta api yang lahir di Wylam, Northumberland, Inggris, pada Tanggal 9 Juni 1781 dan meninggal pada tanggal 12 Agustus 1848 di umur 67 tahun.

Sejarah kereta api dunia berawal dari penemu Kereta Uap Api Pertama di Dunia ini sebelumnya bekerja sebagai gembala sapi pada usia 8 tahun. Kemudian George juga bekerja di sebuah pabrik tambang batu bara, awalnya ia membantu ayahnya di tambang, lama kelamaan George menjadi kepala mesin uap. Sadar akan kemampuan baca tulisnya kurang ia mulai belajar membaca dengan ikut kursus di malam hari sembari bekerja.

Pada waktu itu pertambangan batu bara sedang mencoba menggunakan lokomotif uap atau mesin uap yang bisa digerakkan untuk menggantikan tenaga kuda yang menarik kereta batu bara. Kemudian George membuat sebuah mesin yang disebut Blucher. Mesin Blucher buatan George ini berjalan dengan sukses. Setelah itu ia ditunjuk sebagai Insinyur untuk membangun jalan kereta api umum atau yang biasa disebut dengan rel yang pertama dengan rute Stokton-Darlington dan diresmikan pada tahun 1825.

Kemudian pada tahun 1826 ia bekerja untuk pembangunan rel kereta api yang menghubungkan Liverpool dan Manchester yang dibuka pada tahun 1830. Lalu ada sebuah kontes yang diadakan untuk memilih jenis mesin apa yang cocok untuk kereta api. George Stephenson ikut ambil bagian pada lomba tersebut dan memenangkannnya dengan mesinnya yang ia beri nama Rocket. Mesin Rocket ini sekarang masih ada dan terdapat pada Museum Ilmu Pengetahuan di London. Rocket ini lah yang menjadi cikal bakal Kereta Api pertama di dunia.

Perkembangan kereta api di dunia saat ini mulai berkembang pesat, di tahun 1837 seorang ahli Kimia dari Skotlandia bernama Robert Davidson memperkenalkan Lokomotif Listrik untuk pertama kalinya. Dengan menggunakan aliran listrik dari batrai. Lalu Robert Davidson mulai merancang Lokomotif Listrik yang lebih besar lagi, yang ia sebut dengan Galvani. Galvani ini sanggup membawa beban seberat 6 ton dengan kecepatan 6km/jam sejauh 2,4 Kilometer.

Sampai pada akhirnya ditemukan lah kereta api Diesel yang di buat oleh Rudolf Diesel, Adlof Klose, dan produsen mesin uap Gebruder Sulzer pada tahun 1906. Kereta api diesel ini resmi beroprasi pada tahun 1912 di Swiss. Inilah cikal bakal kereta api yang digunakan oleh KAI sampai saat ini.

Sejarah Kereta Api di Indonesia

Sejarah perkeretaapian di Indonesia diawali saat pencangkulan pertama jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta) di Dusun Kemijen oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele tanggal 17 Juni 1864. Pembangunan dikerjakan oleh perusahaan swasta Nederlansch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) memakai lebar sepur 1435 mm.

Sejarah Awal mula Kereta Api di Indonesia

Saat itu, pemerintahan Hindia Belanda membuat jalur kereta api negara lewat Staatssporwegen (SS) di tanggal 8 April 1875. Jalur pertama SS mencakup Surabaya-Pasuruan-Malang. Kesuksesan NISM dan SS menggerakkan investor swasta membuat jalur kereta api seperti Semarang Joana Stoomtram Maatschappij (SJS), Semarang Cheribon Stoomtram Maatschappij (SCS), Serajoedal Stoomtram Maatschappij (SDS), Oost Java Stoomtram Maatschappij (OJS), Pasoeroean Stoomtram Maatschappij (Ps.SM), Kediri Stoomtram Maatschappij (KSM), Probolinggo Stoomtram Maatschappij (Pb.SM), Modjokerto Stoomtram Maatschappij (MSM), Malang Stoomtram Maatschappij (MS), Madoera Stoomtram Maatschappij (Mad.SM), Deli Spoorweg Maatschappij (DSM).

Sejarah Pembangunan Jalur Kereta Api

Selain di Jawa, pembangunan jalur kereta api dikerjakan di Aceh (1876), Sumatera Utara (1889), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), dan Sulawesi (1922). Saat itu di Kalimantan, Bali, dan Lombok cuman dilaksanakan study berkenaan peluang penempatan jalan rel, belum sampai tahapan pembangunan. Sampai tahun akhir 1928, panjang jalan kereta api dan trem di Indonesia capai 7.464 km dengan pemerincian rel punya pemerintahan sejauh 4.089 km dan swasta sejauh 3.375 km.

Peralihan Kepemilikan KAI Belanda Jepang

Di tahun 1942 Pemerintahan Hindia Belanda berserah tanpa persyaratan ke Jepang. Sejak itu, perkeretaapian Indonesia diambil pindah Jepang dan berbeda nama jadi Rikuyu Sokyuku (Dinas Kereta Api). Sepanjang kepenguasaan Jepang, operasional kereta api cuman diprioritaskan untuk kebutuhan perang. Salah satunya pembangunan di zaman Jepang ialah lintasi Saketi-Bayah dan Muaro-Pekanbaru untuk pengiriman hasil tambang batu bara buat jalankan beberapa mesin perang mereka. Tetapi, Jepang lakukan perombakan rel sejauh 473 km yang diangkut ke Burma untuk pembangunan kereta api disitu.

Sesudah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan di tanggal 17 Agustus 1945, sekian hari selanjutnya dilaksanakan pengambilalihan stasiun dan kantor pusat kereta api yang terkuasai Jepang. Pucuknya ialah pengambil alihan Kantor Pusat Kereta Api Bandung tanggal 28 September 1945 (sekarang diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia). Ini sekalian mengidentifikasi berdirinya Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia (DKARI). Saat Belanda kembali lagi ke Indonesia tahun 1946, Belanda membuat kembali perkeretaapian di Indonesia namanya Staatssporwegen/Verenigde Spoorwegbedrif (SS/VS), kombinasi SS dan semua perusahaan kereta api swasta (terkecuali DSM).

Berdasar kesepakatan nyaman Konfrensi Meja Bulat (KMB) Desember 1949, dikerjakan pengambilalihan beberapa aset punya pemerintahan Hindia Belanda. Peralihan berbentuk penyatuan di antara DKARI dan SS/VS jadi Djawatan Kereta Api (DKA) tahun 1950. Di tanggal 25 Mei DKA ganti jadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Di tahun itu mulai dikenalkan simbol Sarana Daya Pertiwi yang menggambarkan alih bentuk Perkeretaapian Indonesia sebagai fasilitas transportasi unggulan buat merealisasikan kesejahteraan bangsa tanah air. Seterusnya pemerintahan mengganti susunan PNKA jadi Perusahaan Jabatan Kereta Api (PJKA) tahun 1971. Dalam rencana tingkatkan servis layanan transportasi, PJKA berbeda wujud jadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) tahun 1991. Perumka beralih menjadi Perseroan Terbatas, PT. Kereta Api (Persero) tahun 1998. Di tahun 2011 nama perusahaan PT. Kereta Api (Persero) beralih menjadi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan mengeluarkan simbol baru.

Perubahan Logo PT Kereta Api Indonesia

Sekarang ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mempunyai tujuh anak perusahaan yaitu PT Reska Multi Usaha (2003), PT Railink (2006), PT Kereta Api Indonesia Commuter Jabodetabek (2008), PT Kereta Api Pariwisata (2009), PT Kereta Api Logistik (2009), PT Kereta Api Properti Manajemen (2009), PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (2015).

Pembagian Daerah Operasional Kereta Api

Daerah Operasi Kereta Api Indonesia atau disingkat menjadi Daop KAI adalah pembagian daerah pengoperasian kereta api Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api Indonesia yang berada di bawah Direksi PT KAI. Berikut ini pembagian Daerah Operasional Kereta Api Indonesia ( DAOP KAI ).

Daerah Operasi I Jakarta

Daerah Operasi I Jakarta

 

Daerah Operasi I Jakarta atau dipersingkat dengan Daop I Jakarta atau Daop I JAK sebagai Daerah Operasi dengan daerah yang terhampar dari stasiun Merak di Banten sampai stasiun Cikampek di Jawa Barat melewati stasiun-stasiun di daerah DKI Jakarta, Banten, Bogor, Kota Depok, Sukabumi, dan Karawang di Jawa Barat.

Disamping itu, Daop I Jakarta sebagai salah satu Daop yang layani perjalanan KA Commuter Jabodetabek (yang dioperasionalkan PT KAI Commuter Jabodetabek) atau yang lebih terkenal dengan KRL atau Commuter Line.

Daftar Stasiun DAOP I Jakarta

Berikut stasiun besar yang layani KA jarak jauh yang ada di Daop I Jakarta, berikut ketinggiannya di permukaan air laut.

  • Stasiun Gambir (GMR) ±16 m
  • Stasiun Pasar Senen (PSE) ±4,7 m
  • Stasiun Jakarta Kota (JAKK) ±4 m
  • Stasiun Jatinegara (JNG) ±16 m
  • Stasiun Tanjung Priok (TPK) ±1,5 m
  • Stasiun Tanah Abang (THB)
  • Stasiun Manggarai (MRI) ±13 m
  • Stasiun Bekasi (BKS) ±19 m
  • Stasiun Bogor (BOO) ±246 m
  • Stasiun Cikampek (CKP) ±45 m

Daftar Kereta Api Dibawah Operasional DAOP I Jakarta

Kereta api penumpang yang ada di bawah operasional Daop I Jakarta salah satunya ialah:

KAJJ (Kereta api jarak jauh)

  1. Kereta api Bima, Kelas Eksekutif, Relasi Stasiun Gambir – Stasiun Surabaya Gubeng – Stasiun Malang Dengan Nomor Gapeka 41 s.d. 44 (Dipo Induk dan Simpan Kereta JAKK, Dipo Lokomotif JNG).
  2. Kereta api Sembrani, Kelas Eksekutif, Relasi Stasiun Gambir dan Stasiun Surabaya Pasar Turi Dengan Nomor Gapeka 45 dan 46 (Dipo Induk dan Simpan Kereta JAKK, Dipo Lokomotif JNG).
  3. Kereta api Gumarang, Kelas Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi, Relasi Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Surabaya Pasar Turi Dengan Nomor Gapeka 77 dan 78 (Dipo Induk dan Simpan Kereta JAKK, Dipo Lokomotif JNG).
  4. Kereta api Jayabaya, Kelas Ekonomi AC, Relasi Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Malang Melalui Stasiun Surabaya Pasar Turi Dengan Nomor Gapeka 151 dan 152 (Dipo Induk dan Simpan Kereta JAKK, Dipo Lokomotif JNG).
  5. Kereta api Gaya Baru Malam Selatan, Kelas Ekonomi, Relasi Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Surabaya Gubeng Dengan Nomor Gapeka 153 dan 154 (Dipo Induk dan Simpan Kereta JAKK, Dipo Lokomotif JNG)

Lokal (Kereta api jarak dekat-menengah)

  1. Kereta api Siliwangi, Kelas Eksekutif dan Ekonomi, Relasi Stasiun Cianjur – Stasiun Bogor Paledang Melalui Stasiun Sukabumi Dengan Nomor Gapeka 455 s.d. 460 (Dipo Induk dan simpan Kereta JAKK, Dipo Lokomotif JNG).
  2. Kereta api Lokal Merak, Kelas Ekonomi, Relasi Stasiun Angke – Stasiun Rangkasbitung Dengan Nomor Gapeka 291 s.d. 294 (Dipo Induk dan simpan Kereta RK, JAKK dan KPB, Dipo Lokomotif JNG dan THB).
  3. Kereta api Walahar, Kelas Ekonomi, Relasi Stasiun Jakarta Kota – Stasiun Purwakarta Melalui Stasiun Cikampek Dengan Nomor Gapeka 321, 322, 324, 326, 327, dan 329 (Dipo Induk dan simpan Kereta JAKK, Dipo Lokomotif JNG).
  4. Kereta api Jatiluhur, Kelas Ekonomi, Relasi Stasiun Jakarta Kota – Stasiun Cikampek Dengan Nomor Gapeka 323, 325, 328, dan 330 (Dipo Induk dan simpan Kereta JAKK, Dipo Lokomotif JNG).

Khusus

  • KRD NR Djoko Tingkir, kereta pembantu relasi Dipo JNG-Dipo JAKK-Dipo THB-Dipo BukitDuri-Dipo DP, bernomor Gapeka 1336/1339 s.d. 1337/1338 (dipo kereta JAKK, dipo induk lokomotif Tanahabang/Jatinegara, dan dipo KRL Bukit Duri/Depok)

Bengkel dan Fasilitas Perawatan DAOP I Jakarta

Balai Yasa Manggarai

Balai yasa ini khusus untuk perawatan kereta penumpang kelas eksekutif dan KRL, bersama Balai Yasa Tegal, Balai Yasa Yogyakarta, dan Balai Yasa Surabaya Gubeng. Dahulu balai yasa ini dibuat oleh Staatsspoorwegen tahun 1920 bernama Hoofd-Werkplatsen te Manggarai. Di sini semua kereta eksekutif dan KRL yang dirawat alami perawatan akhir (PA), semiperawatan akhir (SPA), PA bogie, pembaruan akhir komplet (PAL), dan pembaruan (PB).

Dipo lokomotif Jatinegara

Dipo ini dipakai untuk simpan lokomotif besar diesel elektrik, yakni CC201, CC203, dan CC206 untuk operasional KA jalur Jawa. Ada satu kompleks dengan stasiun Jatinegara, dipo ini cukup unik karena pemutar relnya (turntable) ada di depan kompleks dipo. Sehari-harinya dipo ini tak pernah sepi dari jumlahnya lokomotif diesel elektrik dari semua dipo di Jawa yang istirahat. Sekarang ini dipo lokomotif Jatinegara menjalankan 2 biji CC204 seri C18MMi yang direhab di Balai Yasa Yogyakarta.

Subdipo Lokomotif Tanah Abang

Dipo ini dipakai untuk simpan lokomotif diesel hidrolik dan beberapa CC201 untuk langsiran dan menarik kereta api lokal punya Daop I.

Dipo KRL Bukit Duri dan Depok

Dipo ini cuman dipakai sebagai area untuk menyimpan, pembaruan, dan perawatan KRL yang bekerja di semua lintasi Jabodetabek.

Dipo Kereta Api Jakarta Kota

Satu kompleks dengan stasiun Jakarta Kota, dipo ini dipakai untuk simpan serangkaian kereta-kereta api eksekutif, kereta api bisnis, dan kereta api ekonomi AC punya Daop I.

Daerah Operasi II Bandung

Daerah Operasi II Bandung

 

Daerah Operasi II Bandung atau dipersingkat dengan Daop 2 Bandung atau Daop II BD adalah daerah operasi perkeretaapian Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang ada di bawah Direksi PT Kereta Api Indonesia dipegang dengan seorang Kepala Daerah Operasi (Kadaop) yang ada di bawah dan bertanggungjawab ke Direksi PT Kereta Api Indonesia.

Daerah Operasi II Bandung mempunyai tiga stasiun besar, salah satunya ialah stasiun Bandung, stasiun Kiaracondong, dan stasiun Tasikmalaya, sedang stasiun kereta api kelas menengah salah satunya ialah stasiun Padalarang, stasiun Cipeundeuy, stasiun Ciamis, dan stasiun Banjar. Gudang kereta api ada di stasiun Bandung, sedang dipo lokomotif ada tidak jauh dari stasiun Bandung.

Ada dua tepian di antara Daerah Operasi II Bandung dengan Daerah Operasi I Jakarta berada di antara Stasiun Cibungur dengan Stasiun Cikampek di arah utara dan di arah barat berada di antara Stasiun Ranji dengan Stasiun Sukabumi, sedang batasan di antara Daerah Operasi II Bandung dengan Daerah Operasi V Purwokerto berada di antara Stasiun Banjar dengan Stasiun Langen.

Kereta Api DAOP II Bandung

Kereta api penumpang yang ada di bawah operasionalisasi Daop 2 Bandung salah satunya ialah:

Kelas Eksekutif

  • Kereta api Argo Wilis Kereta Api Eksekutif argo tujuan Stasiun Bandung – Stasiun Surabaya Gubeng bernomor gapeka 5 s.d. 6

Kelas Eksekutif / Ekonomi AC

  • Kereta api Argo Parahyangan, kereta Campuran Eksekutif Argo dan Ekonomi AC tujuan stasiun Bandung – stasiun Gambir bernomor gapeka 19 s.d. 36

Eksekutif / Bisnis

  • Kereta api Lodaya, kereta campuran kelas eksekutif dan bisnis tujuan Stasiun Bandung – Stasiun Yogyakarta – Stasiun Solobalapan bernomor gapeka 79 s.d. 82

Eksekutif / Bisnis / Ekonomi

  • Kereta api Harina , kereta campuran ekonomi, bisnis dan eksekutif tujuan Stasiun Bandung – Stasiun Semarangtawang – Stasiun Surabaya Pasar Turi bernomor GAPEKA 67-68
  • Kereta api Malabar, kereta kombinasi ekonomi, bisnis dan eksekutif tujuan Stasiun Bandung – Stasiun Malang bernomor gapeka 99 dan 100

Bisnis

  • Kereta api Mutiara Selatan, kereta bisnis tujuan Stasiun Bandung – Stasiun Malang bernomor gapeka 131 dan 132

Lokal (Ekonomi)

  • Kereta api Lokal Bandung Raya kereta bisnis tujuan Stasiun Padalarang – Stasiun Cicalengka
  • Kereta api Patas Bandung Raya kereta bisnis tujuan Stasiun Padalarang – Stasiun Cicalengka
  • Kereta api Lokal Cibatu kereta bisnis tujuan Stasiun Cibatu – Stasiun Purwakarta bernomor gapeka 395 dan 396

Stasiun Kereta Api DAOP II Bandung

Berikut ini daftar Stasiun Kereta Api yang masih masuk wilayah DAOP II Bandung:

  • Stasiun Andir (AND)
  • Stasiun Awipari (AWP)
  • Stasiun Bandung (BD)
  • Stasiun Banjar (BJR)
  • Stasiun Bojong (BJG)
  • Stasiun Bumiwaluya (BMW)
  • Stasiun Ciamis (CI)
  • Stasiun Cianjur (CJ)
  • Stasiun Ciawi (CAW)
  • Stasiun Cibatu (CB)
  • Stasiun Cibeber (CBB)
  • Stasiun Cibungur (CBR)
  • Stasiun Cicalengka (CCL)
  • Stasiun Ciganea (CA)
  • Stasiun Cikadondong (CD)
  • Stasiun Cikudapateuh (CTH)
  • Stasiun Cilaku (CIK)
  • Stasiun Cilame (CLE)
  • Stasiun Cimahi (CMI)
  • Stasiun Cimekar (CMK)
  • Stasiun Cimindi (CMD)
  • Stasiun Cipatat (CPT)
  • Stasiun Cipeundeuy (CPD)
  • Stasiun Cipeuyeum (CPY)
  • Stasiun Cirahayu (CAA)
  • Stasiun Ciranjang (CRJ)
  • Stasiun Cireungas (CRG)
  • Stasiun Ciroyom (CIR)
  • Stasiun Cisomang (CG)
  • Stasiun Gadobangkong (GK)
  • Stasiun Gandasoli (GDS)
  • Stasiun Gedebage (GDB)
  • Stasiun Haurpugur (HRP)
  • Stasiun Indihiang (IH)
  • Stasiun Karangpucung (KNP)
  • Stasiun Karangsari (KRAI)
  • Stasiun Kiaracondong (KAC)
  • Stasiun Lampegan (LP)
  • Stasiun Lebakjero (LBJ)
  • Stasiun Leles (LL)
  • Stasiun Leuwigoong (LO)
  • Stasiun Maleber (MLB)
  • Stasiun Manonjaya (MNJ)
  • Stasiun Maswati (MSI)
  • Stasiun Nagreg (NG)
  • Stasiun Nama Stasiun
  • Stasiun Padalarang (PDL)
  • Stasiun Plered (PLD)
  • Stasiun Purwakarta (PWK)
  • Stasiun Rajamandala (RM)
  • Stasiun Rajapolah (RJP)
  • Stasiun Rancaekek (RCK)
  • Stasiun Ranji (RI)
  • Stasiun Rendeh (RH)
  • Stasiun Sadang (SAD)
  • Stasiun Sasaksaat (SKT)
  • Stasiun Selajambe (SLJ)
  • Stasiun Sindangresmi (SSI)
  • Stasiun Sukatani (SUT)
  • Stasiun Tagogapu (TAU)
  • Stasiun Tasikmalaya (TSM)
  • Stasiun Tipar (TPR)
  • Stasiun Warungbandrek (WB)

Daerah Operasi III Cirebon

Daerah Operasi III Cirebon

 

Daerah Operasi III Cirebon atau dipersingkat dengan Daop 3 Cirebon atau Daop III CN adalah daerah operasi perkeretaapian Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang ada di bawah Direksi PT Kereta Api Indonesia dipegang dengan seorang Kepala Daerah Operasi (Kadaop) yang ada di bawah dan bertanggungjawab ke Direksi PT Kereta Api Indonesia.

Daop III Cirebon sebagai salah satu Daop yang mempunyai KA dengan okupansi paling tinggi, yakni Cirebon Ekspres. Sedang untuk Argo Jati tempati status ketiga.

Daerah Operasi III Cirebon mempunyai tiga stasiun besar, salah satunya ialah stasiun Cirebon, stasiun Jatibarang, dan stasiun Prujakan, sedang stasiun kereta api kelas menengah salah satunya ialah stasiun Ciledug, stasiun Brebes, stasiun Haurgeulis, dan stasiun Pagadenbaru. Gudang kereta api ada di stasiun Jatibarang, sedang dipo lokomotif ada tidak jauh dari stasiun Cirebon.

Kereta Api di DAOP III Cirebon

Kereta api penumpang yang ada di bawah operasionalisasi DAOP 3 Cirebon salah satunya ialah

Eksekutif/kombinasi

  • Kereta api Argo Jati, kereta eksekutif argo tujuan stasiun Gambir-stasiun Cirebon bernomor gapeka 15 s.d. 20
  • Kereta api Cirebon Ekspres, kereta kombinasi bisnis dan eksekutif tujuan stasiun Gambir-stasiun Cirebon; bernomor gapeka 55-61
  • Kereta api Ciremai Ekspres, kereta kombinasi kelas eksekutif, bisnis dan ekonomi AC tujuan Stasiun Cirebon – Stasiun Bandung bernomor gapeka 89 s.d. 96

Batasan Daerah DAOP III Cirebon

  • Batasan Barat DAOP 3 Cirebon dengan DAOP I Jakarta berada pada km 85+400 di antara stasiun Cikampek dan stasiun Tanjungrasa pada Lajur kereta api Cikampek-Cirebon. Lajur itu seutuhnya menjadi lajur double.
  • Batasan Timur DAOP 3 Cirebon dengan DAOP IV Semarang pada km 150+740 di antara stasiun Tegal dan stasiun Brebes pada Lajur kereta api Cirebon-Tegal. Lajur itu seutuhnya menjadi lajur double.
  • Batasan Selatan DAOP 3 Cirebon dengan DAOP V Purwokerto pada km 287+930 di antara stasiun Songgom dan stasiun Prupuk pada Lajur kereta api Cirebon-Prupuk.

Lintasi tidak beroperasi

  1. Lajur kereta api Cirebon-Kadipaten dari km 0 s.d. 48+824.
  2. Lajur kereta api Cirebon-Cirebon dermaga dari km 0 s.d. 2+300.
  3. Lajur kereta api Cirebon Prujakan-Kegiren dari km 0 s.d. 0+750.
  4. Lajur kereta api Jatibarang-Indramayu dari km 0+700 s.d. 18+752.

Bengkel dan Pusat Perawatan

Dipo Lokomotif Cirebon (CN) Dipo ini berada di Jalan Pancuran Gang Dipo Cirebon, tidak jauh dari Stasiun Cirebon. Dipo lokomotif ini cuman mempunyai sedikit lokomotif diesel elektrik dan beberapa lokomotif pelangsir. Meskipun tersedianya lokomotif sedikit, dipo ini mempunyai kereta derek (crane). Yang lebih spesial kembali ialah dipo lokomotif ini mempunyai satu lokomotif legendaris, yakni lokomotif CC200 15 dengan striping DKA, PNKA, atau PJKA.

Dipo Lokomotif Jatibarang (JTB)

Dipo ini dulu berada di samping barat Stasiun Jatibarang. Tetapi sekarang ini bangunan dipo ini telah dibedah dan rata dengan tanah.

Stasiun Kereta Api DAOP III Cirebon

Berikut ini daftar Stasiun Kereta Api yang masih masuk wilayah DAOP III Cirebon:

  • Stasiun Arjawinangun (AWN)
  • Stasiun Babakan (BBK)
  • Stasiun Bangoduwa (BDW)
  • Stasiun Brebes (BB)
  • Stasiun Bulakamba (BKA)
  • Stasiun Cangkring (CNK)
  • Stasiun Cikaum (CKM)
  • Stasiun Ciledug (CLD)
  • Stasiun Cilegeh (CLH)
  • Stasiun Cipunegara (CRA)
  • Stasiun Cirebon (CN)
  • Stasiun Cirebonprujakan (CNP)
  • Stasiun Haurgeulis (HGL)
  • Stasiun Jatibarang (JTB)
  • Stasiun Kadokangangabus (KAB)
  • Stasiun Kaliwedi (KLW)
  • Stasiun Karangsuwung (KRW)
  • Stasiun Kertasemaya (KTM)
  • Stasiun Ketanggungan (KGG)
  • Stasiun Ketanggungan Barat (KGB)
  • Stasiun Larangan (LRA)
  • Stasiun Losari (LOS)
  • Stasiun Luwung (LWG)
  • Stasiun Pabuaran (PAB)
  • Stasiun Pasirbungur (PAS)
  • Stasiun Pegadenbaru (PGB)
  • Stasiun Pringkasap (PRI)
  • Stasiun Sindanglaut (SDU)
  • Stasiun Songgom (SGG)
  • Stasiun Tanjung (TGN)
  • Stasiun Tanjungrasa (TJS)
  • Stasiun Telagasari (TLS)
  • Stasiun Terisi (TIS)
  • Stasiun Waruduwur (WDW)

Daerah Operasi IV Semarang

Daerah Operasi IV Semarang

 

Daerah Operasi IV Semarang atau dipersingkat dengan Daop 4 Semarang atau Daop IV SM adalah daerah operasi perkeretaapian Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang ada di bawah Direksi PT Kereta Api Indonesia dipegang dengan seorang Executive Vice President (EVP) yang ada di bawah dan bertanggungjawab ke Direksi PT Kereta Api Indonesia.

Daerah Operasi IV Semarang mempunyai enam stasiun besar, salah satunya ialah stasiun Semarangtawang, Stasiun Semarangponcol, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Bojonegoro, dan Stasiun Cepu, sedang stasiun kereta api kelas menengah salah satunya ialah Stasiun Kedungjati, Stasiun Gambringan, Stasiun Weleri, Stasiun Comal, dan Stasiun Pemalang. Gudang kereta api ada di kompleks Stasiun Semarangponcol, sedang dipo lokomotif ada tidak jauh dari Stasiun Semarangponcol.

Kereta Api Dibawah DAOP IV Semarang

Kereta api penumpang yang ada di bawah operasionalisasi Daop 4 Semarang salah satunya ialah:

Eksekutif/kombinasi

  • Kereta api Argo Muria, kereta eksekutif argo tujuan Stasiun Gambir-Stasiun Semarang Tawang; bernomor gapeka 13 s.d.14
  • Kereta api Argo Sindoro, kereta eksekutif argo tujuan Stasiun Gambir-Stasiun Semarang Tawang; bernomor gapeka 11 s.d. 12
  • Kereta api Kaligung Emas, kereta ekonomi AC tujuan Stasiun Tegal-Stasiun Semarang Tawang
  • Kereta api Tawang Jaya, kereta ekonomi tujuan Stasiun Pasar Senen-Stasiun Semarangponcol bernomor gapeka 177-178
  • Kereta api Menoreh, kereta ekonomi AC tujuan Stasiun Pasar Senen-Stasiun Semarang Tawang bernomor gapeka 111-112 (pagi) dan 133-134 (malam)
  • Kereta api Tegal Arum, kereta ekonomi AC tujuan Stasiun Jakarta Kota-Stasiun Tegal bernomor gapeka 185-186
  • Kereta api Tegal Bahari, Kereta Eksekutif dan Bisnis AC Tujuan Jakarta Gambir-Stasiun Tegal bernomor gapeka 59, 62, 65, dan 66
  • Kereta api Tegal Ekspres, kereta ekonomi AC tujuan Stasiun Pasar Senen-Stasiun Tegal bernomor gapeka 191-192
  • Kereta api Kaligung, kereta komuter bisnis dan ekonomi tujuan Stasiun Semarangponcol-Stasiun Tegal s/d Stasiun Slawi dan Stasiun Brebes
  • Kereta api Blora Jaya Ekspres, kereta komuter bisnis AC tujuan Stasiun Semarangponcol-Stasiun Cepu s/d Stasiun Bojonegoro;
  • Kereta api Cepu Ekspres, Kereta Komuter Ekonomi Ac Tujuan Stasiun Semarangponcol-Stasiun Cepu s/d Stasiun Surabaya Pasar Turi;

Lintasi Operasi DAOP IV Semarang

  • Batasan timur DAOP 4 Semarang dengan DAOP 8 Surabaya berada pada km 251+651 di antara stasiun Bojonegoro dan Stasiun Babat pada Lajur kereta api Gambringan-Kandangan. Lajur itu seutuhnya menjadi lajur double.
  • Batasan barat DAOP 4 Semarang dengan DAOP 3 Cirebon pada km 168+718 di antara stasiun Tegal dan stasiun Brebes pada Lajur kereta api Cirebon-Tegal. Lajur itu seutuhnya menjadi lajur double.
  • Batasan barat daya DAOP 4 Semarang dengan DAOP 5 Purwokerto pada km 167+717 di antara stasiun Tegal dan stasiun Slawi pada Lajur kereta api Tegal-Prupuk.
  • Batasan selatan dan tenggara Daop 4 Semarang dengan DAOP 6 Jogja pada km 140+633 di antara Stasiun Gundih dan Stasiun Kedungjati pada Lajur kereta api Brumbung-Gundih

Lintasi tidak bekerja

  • Lintasi Semarang Tawang – Semarang Gudang dari km 0+000 s/d km 1+188.
  • Lintasi Blora – Cepu dari km 0+000 s/d km 2+300.
  • Lintasi Demak – Kudus dari km 0+000 s/d km 0+750.
  • Lintasi Kedungjati – Ambarawa dari km 0+700 s/d km 18+752.
  • Lintasi Brumbung – Demak dari km 0+522 s/d km 2/232

Bengkel dan Pusat Perawatan

Berikut ini bengkel dan pusat perawatan Kereta Api yang ada di DAOP IV Semarang.

Balai Yasa Tegal

Balai Yasa Tegal berada di Jalan Semeru, Kota Tegal dan sebagai satu dari empat balai yasa di Jawa. Balai yasa ini khusus dipakai sebagai tempat pembaruan kereta penumpang dan gerbong. Balai yasa ini sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 di tahun 2010.

Dipo Lokomotif Semarang Poncol (SMC)

Dipo ini berada di Jalan Poncol, tidak jauh dari Stasiun Semarangponcol. Tersedianya lokomotif di dipo ini tidak termasuk banyak, mempunyai beberapa lokomotif diesel hidrolik dan beberapa diesel elektrik. Lokomotif itu dipakai untuk beberapa dinasan/operasional kereta penumpang atau kereta barang. Dipo ini mempunyai beberapa armada KRD. Ada dipo kereta yang terletak satu kompleks dengan dipo lokomotif ini. Sayang dipo lokomotif ini kerap jadi “korban” banjir air rob.

Dipo Lokomotif Tegal (TG)

Dipo ini berada di samping utara Stasiun Tegal. Dipo ini cuman memiliki lokomotif langsir seperti D301. Lokomotif ini umumnya dipakai untuk melangsir kereta ketel, dan kereta penumpang yang perjalananya usai di Stasiun Tegal, seperti Kereta api Tegal Arum, Kereta api Tegal Ekspres, Kereta api Tegal Bahari dan Kereta api Kaligung Mas. Di dipo ini dulu ada pemutar rel, tetapi sekarang ini sudah tidak kepakai.

Dipo Lokomotif Pekalongan (PK)

Dipo ini berada di samping barat Stasiun Pekalongan, sekitaran 300 m samping timur gudang pusri. Dipo ini benar-benar tidak memiliki peruntukan lokomotif. Tetapi, terkadang ada berberapa lokomotif yang berkunjung di sini. Di dipo ini dulu memiliki pemutar rel, tetapi sekarang ini sudah tidak digunakan. Dalam dipo ini ada berberapa gerbong tua yang sekarang ini sudah tidak digunakan.

Dipo Lokomotif Cepu (CU)

Dipo ini berada disamping tenggara Stasiun Cepu. Dipo ini cuman memiliki lokomotif langsir seperti D300 dan D301. Dipo ini terkadang layani perawatan kereta api Blora Jaya Ekspres dan kereta api Cepu Ekspres. Dulu saat masih tetap ada percabangan ke Stasiun Blora, dipo ini layani perawatan kereta api dan lokomotif yang akan ke arah ke sana, meksipun di Stasiun Blora ada dipo lokomotif.

Dipo Lokomotif Ambarawa (ABR)

Dipo lokomotif ini berada di samping utara Stasiun Ambarawa. Dipo ini memiliki berberapa lokomotif uap dan kereta rekreasi ke Stasiun Bedono dan Stasiun Tuntang. Disamping itu, dipo ini memiliki 2 lokomotif D300 yang terkadang dipakai untuk menukar status lokomotif uapnya bila mengalami perawatan. Ada pemutar rel yang terkadang masih dipakai untuk memutar lokomotif.

Stasiun Kereta Api DAOP IV Semarang

Berikut ini daftar Stasiun Kereta Api yang masih masuk wilayah DAOP IV Semarang:

  • Stasiun Alastuwa (ATA)
  • Stasiun Batang (BTG)
  • Stasiun Batangbaru (BTB)
  • Stasiun Bojonegoro (BJ)
  • Stasiun Brumbung (BBG)
  • Stasiun Cepu (CU)
  • Stasiun Comal (CO)
  • Stasiun Doplang (DPL)
  • Stasiun Gambringan (GBN)
  • Stasiun Gubug (GUB)
  • Stasiun Gundih (GD)
  • Stasiun Jambon (JBN)
  • Stasiun Jerakah (JRK)
  • Stasiun Jetis (JIS)
  • Stasiun Kalibodri (KBD)
  • Stasiun Kalitidu (KIT)
  • Stasiun Kaliwungu (KLN)
  • Stasiun Kapuan (KPA)
  • Stasiun Karangjati (KGT)
  • Stasiun Karangsono (KSO)
  • Stasiun Kedungjati (KEJ)
  • Stasiun Kradenan (KNN)
  • Stasiun Krengseng (KNS)
  • Stasiun Kuripan (KRP)
  • Stasiun Larangan (LRN)
  • Stasiun Mangkang (MKG)
  • Stasiun Ngrombo (NBO)
  • Stasiun Padas (PDS)
  • Stasiun Panunggalan (PNL)
  • Stasiun Pekalongan (PK)
  • Stasiun Pemalang (PML)
  • Stasiun Petarukan (PTA)
  • Stasiun Plabuan (PLB)
  • Stasiun Randublatung (RBG)
  • Stasiun Sedadi (SDI)
  • Stasiun Semarangponcol (SMC)
  • Stasiun Semarangtawang (SMT)
  • Stasiun Sragi (SRI)
  • Stasiun Sulur (SL)
  • Stasiun Surodadi (SD)
  • Stasiun Tanggung (TGG)
  • Stasiun Tegal (TG)
  • Stasiun Tegowanu (TGW)
  • Stasiun Telawa (TW)
  • Stasiun Tobo (TBO)
  • Stasiun Ujungnegoro (UJN)
  • Stasiun Wadu (WDU)
  • Stasiun Weleri (WLR)

Daerah Operasi V Purwokerto

Daerah Operasi V Purwokerto

 

Daerah Operasi V Purwokerto atau dipersingkat dengan Daop 5 Purwokerto atau Daop V PWT adalah daerah operasi perkeretaapian di Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang ada di bawah Direksi PT Kereta Api Indonesia dipegang dengan seorang Executive Vice President (EVP) yang ada di bawah dan bertanggungjawab ke Direksi PT Kereta Api Indonesia.

Daerah Operasi V Purwokerto mempunyai beberapa stasiun besar, salah satunya ialah stasiun Purwokerto, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Kroya, Stasiun Cilacap, dan Stasiun Karanganyar. Gudang kereta api ada di Stasiun Purwokerto, sedang dipo lokomotif ada tidak jauh dari Stasiun Purwokerto.

Sebagai ciri khas dari Daop ini ialah diputarkannya lagu dengan judul Di Pinggirnya Sungai Serayu di beberapa stasiun tiap KA tiba dan pergi.

Kereta Api DAOP V Purwokerto

Kereta api punya Daop V Purwokerto

  • Kereta api Purwojaya, Kelas Bisnis AC Dan Eksekutif Jalur Cilacap – Jakarta Gambir bernomor gapeka 57-58
  • Kereta api Sawunggalih Khusus, Kelas Bisnis Dan Eksekutif Jalur Kutoarjo – Pasar Senen bernomor gapeka 139-142
  • Kereta api Kutojaya Utara, Kelas Ekonomi AC Jalur Kutoarjo – Pasar Senen bernomor gapeka 191-192
  • Kereta api Logawa, Kelas Ekonomi AC Jalur Purwokerto – Surabaya Gubeng – Jember bernomor gapeka 188-190
  • Kereta api Kutojaya Selatan, Kelas Ekonomi AC Jalur Kutoarjo – Kiaracondong bernomor gapeka 203-204
  • Kereta api Serayu, Kelas Ekonomi AC Jalur Purwokerto – Kroya – Kiaracondong – Pasar Senen bernomor gapeka 221-222 (pagi), dan 225-226 (malam)
  • Kereta api Kamandaka, Kelas Ekonomi AC dan Eksekutif Jalur Purwokerto – Semarang Tawang bernomor gapeka 229-240

Lintasi Operasi

  • Lajur kereta api Prupuk-Kroya
  • Lajur kereta api Tegal-Prupuk
  • Lajur kereta api Kroya-Kutoarjo
  • Lajur kereta api Maos-Kroya
  • Lajur kereta api Maos-Cilacap
  • Lajur kereta api Maos-Sikampuh
  • Lajur kereta api Maos-Langen
  • Lajur kereta api Padalarang-Kasugihan (ada di bawah lindungan Daerah Operasi II Bandung pada petak Stasiun Padalarang – Stasiun Banjar sedang petak Stasiun Langen – Stasiun Kasugihan ada di bawah lindungan Daerah Operasi V Purwokerto)

Lintasi tidak bekerja

  • Karanganyar-Karanggayam
  • Banjarnegara-Wonosobo
  • Purbalingga-Sokaraja
  • Kutoarjo-Purworejo
  • Purwokerto-Sokaraja

Bengkel dan Fasilitas Perawatan DAOP V Purwokerto

Dipo Lokomotif Purwokerto (PWT)

Dipo ini berada di ibu-kota Kabupaten Banyumas: Purwokerto. Dipo ini salah satunya dipo terbaik di Jawa tengah. tidak jauh dari Stasiun Purwokerto. Tersedianya lokomotif di dipo ini tidak termasuk banyak, mempunyai beberapa lokomotif diesel hidraulik dan beberapa diesel elektrik. Lokomotif itu dipakai untuk beberapa dinasan kereta penumpang atau kereta barang. Dipo ini salah satunya dipo terbaik di Jawa Tengah; bukan sekedar tersedianya lokomotif, tetapi malah sarana yang ideal dan bersih.

Peruntukan lokomotif CC201 di dipo ini tidak banyak, bahkan juga dipo ini tidak mempunyai peruntukan CC203[2]. Saat itu, kehadiran CC206 di Dipo Purwokerto untuk operasional kereta-kereta api favorit atau barang (ketel, semen, dan lain-lain.) malah memperkukuh armada Daop V.

Ada juga dipo kereta Purwokerto yang satu kompleks dengan stasiun.

Subdipo Lokomotif Kutoarjo (KTA)

Ada satu kompleks dengan stasiun Kutoarjo. Ada juga dipo kereta Kutoarjo yang satu kompleks dengan stasiun. Dipo ini diutamakan untuk simpan kereta-kereta api penumpang yang pergi dari stasiun Kutoarjo seperti Sawunggalih, Kutojaya Selatan, atau Kutojaya Utara.

Subdipo Lokomotif Cilacap (CP)

Ada satu kompleks dengan Stasiun Cilacap.

Subdipo Lokomotif Kroya (KYA)

Dipo ini terlatak di samping utara Stasiun Kroya. Dulu dipo ini layani perawatan serangkaian dan lokomotif kereta api Serayu. Tetapi semenjak jalur kereta api Serayu diundur selama Stasiun Purwokerto, dipo ini tak lagi layani perawatan kereta api.

Stasiun Kereta Api DAOP V Purwokerto

Berikut ini daftar Stasiun Kereta Api yang masih masuk wilayah DAOP V Purwokerto:

  • Stasiun Balapulang
  • Stasiun Banjaran (Jawa Tengah)
  • Stasiun Bumiayu (BMA, +236,45 m dpl)
  • Stasiun Butuh (BTH, +10 m dpl)
  • Stasiun Cilacap (CP, +5 m dpl)
  • Stasiun Cipari (CPI ±11mdpl)
  • Stasiun Gandrungmangun (GDM ±15mdpl)
  • Stasiun Gombong (GB, +18 m dpl)
  • Stasiun Ijo (IJ, +25 m dpl)
  • Stasiun Jeruklegi (JRL ±10mdpl)
  • Stasiun Karanganyar (KA, +14 m dpl)
  • Stasiun Karanganyar Barat (KRA, ?)
  • Stasiun Karanggandul (KGD, +142 m dpl)
  • Stasiun Karangsari (KRR, +233 m dpl)
  • Stasiun Kasugihan (KH ±9mdpl)
  • Stasiun Kawunganten (KWG ±11mdpl)
  • Stasiun Kebasen (KBS, +14 m dpl)
  • Stasiun Kebumen (KM, +21 m dpl)
  • Stasiun Kemranjen (KJ, +7 m dpl)
  • Stasiun Kretek (KRT, +285 m dpl)
  • Stasiun Kroya (KYA, +11 m dpl)
  • Stasiun Kutoarjo (KTA, +16 m dpl)
  • Stasiun Kutowinangun (KWN, +13 m dpl)
  • Stasiun Langen (LN ±11mdpl)
  • Stasiun Lebeng (LBG ±11mdpl)
  • Stasiun Legok (LGK, 299 m dpl)
  • Stasiun Linggapura (LG, +156 m dpl)
  • Stasiun Maos (MA, +8 m dpl)
  • Stasiun Margasari
  • Stasiun Meluwung (MLW ±14mdpl)
  • Stasiun Notog (NTG, +25 m dpl)
  • Stasiun Patuguran (PAT, +328 m dpl)
  • Stasiun Prembun (PRB, +9 m dpl)
  • Stasiun Prupuk
  • Stasiun Prupuk (PPK, +36 m dpl)
  • Stasiun Purwokerto (PWT, +75 m dpl)
  • Stasiun Randegan (RDN, +11 m dpl)
  • Stasiun Sidareja (SDR ±5mdpl)
  • Stasiun Slawi (SLW)
  • Stasiun Soka (SKA, +22 m dpl)
  • Stasiun Sruweng (SRW, +14 m dpl)
  • Stasiun Sumpiuh (SPH, +17 m dpl)
  • Stasiun Tambak (TBK, +19 m dpl)
  • Stasiun Wonosari (WNS, +15 m dpl)

Daerah Operasi VI Yogyakarta

Daerah Operasi VI Yogyakarta

 

Daerah Operasi VI Yogyakarta (Hanacaraka: Templat:Jav, Dhaerah Operasi VI Ngayogyakarta) atau dipersingkat dengan Daop 6 Jogja atau Daop VI YK adalah daerah operasi perkeretaapian terluas di Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang ada di bawah Direksi PT Kereta Api Indonesia dipegang dengan seorang Executive Vice President (EVP) yang ada di bawah dan bertanggungjawab ke Direksi PT Kereta Api Indonesia.

Daerah Operasi VI Yogyakarta mempunyai beberapa stasiun besar, salah satunya ialah stasiun Tugu, Lempuyangan, Klaten, Solo Balapan, Purwosari, dan Solo Jebres.

Kereta Api Dibawah DAOP VI Yogyakarta

Kereta api penumpang yang disebut punya operator Yogyakarta antara lain:

  • Kereta api Taksaka, eksekutif rekanan Yogyakarta-Gambir bernomor gapeka 51-54
  • Kereta api Sancaka 2, Eksekutif dan Bisnis AC Tujuan Yogyakarta-Surabaya Gubeng bernomor gapeka 83-86
  • Kereta api Fajar Khusus Yogya, kelas bisnis tujuan Pasar Senen-Yogyakarta bernomor gapeka 135-136
  • Kereta api Senja Khusus Yogya kelas bisnis tujuan Pasar Senen-Yogyakarta bernomor gapeka 137-138 (Senja Utama)
  • Kereta api Malioboro Ekspres, eksekutif dan ekonomi AC rekanan Tugu Yogyakarta-Malang bernomor gapeka 101-104
  • Kereta api Bogowonto, ekonomi AC tujuan Pasar Senen-Kutoarjo-Lempuyangan bernomor gapeka 161-162
  • Kereta api Gajah Wong, ekonomi AC tujuan Pasar Senen-Lempuyangan bernomor gapeka 163-164
  • Kereta api Joglo Ekspres, ekonomi AC tujuan Yogyakarta-Solobalapan
  • Kereta api Progo, ekonomi AC tujuan Lempuyangan-Pasar Senen bernomor gapeka 185-186

Kereta api penumpang milik operator tempat Solo antara lain:

  • Kereta api Argo Lawu, eksekutif tujuan Gambir-Solobalapan bernomor gapeka 7-8
  • Kereta api Argo Dwipangga, eksekutif tujuan Gambir-Solobalapan bernomor gapeka 9-10
  • Kereta api Sido Mukti, bisnis rekanan Solobalapan-Yogyakarta bernomor gapeka 127-130
  • Kereta api Senja Khusus Solo, bisnis tujuan Solobalapan-Pasar Senen bernomor gapeka 133-134
  • Kereta api Jaka Tingkir, ekonomi AC rekanan Purwosari-Pasar Senen bernomor gapeka 155-156
  • Kereta api Bengawan, ekonomi AC rekanan Purwosari-Pasar Senen nomor gapeka 183-184
  • Kereta api Kalijaga, ekonomi AC rekanan Purwosari-Semarangponcol bernomor gapeka 215-216
  • Kereta api Sriwedari, komuter rekanan Solobalapan-Stasiun Yogyakarta
  • Kereta api Prambanan Ekspres, komuter rekanan Kutoarjo-Solobalapan
  • Bis rel Bathara Kresna, bis rel (rail bis) tujuan Wonogiri-Purwosari

Kereta api penumpang yang terlayani Daop VI tetapi di bawah operasionalisasi DAOP lain, yaitu :

  • Kereta api Lodaya, kereta kombinasi bisnis dan eksekutif tujuan stasiun Solobalapan-Stasiun Bandung-Stasiun Yogyakarta (Operator Daerah Operasi II Bandung)dengan nomor gapeka 79-82
  • Kereta api Sri Tanjung, kelas ekonomi tujuan Lempuyangan – Banyuwangibaru (Operator Daerah Operasi IX Jember) dengan gapeka 193-196

Lintasi Operasi

  • Kutoarjo-Purwosari
  • Purwosari-Wonogiri
  • Gundih-Solo Balapan
  • Solo Balapan-Kertosono (sampai Stasiun Kedungbanteng)

Lintasi Tidak Beroperasi

  • Wonogiri-Baturetno
  • Yogyakarta-Palbapang
  • Yogyakarta-Secang
  • Palbapang-Sewugalur
  • Ngabean-Pundong
  • Secang-Parakan
  • Purwosari-Boyolali
  • Bengkel dan pusat perawatan

Balai Yasa Yogyakarta

Terlihat Depan Balai Yasa Pengok.

Lebih dikenali dengan panggilan Balai Yasa Pengok (berdasar daerah tempat balai yasa itu berada), balai yasa ini jadi balai yasa paling besar di Indonesia. Balai yasa ini khusus dipakai untuk pembaruan dan perawatan lokomotif diesel elektrik atau hidraulik. Semua lokomotif KAI alami pemeliharaan serta perawatan akhir (PA) atau semiperawatan akhir (SPA) di balai yasa ini. Balai Yasa Yogyakarta telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 dan akan bekerja bersama dengan General Electric pada proses perakitan dan pembikinan lokomotif diesel di Asia Tenggara.

Dipo Lokomotif Yogyakarta (YK)

Dipo ini ada di Jalan Suryonegaran dan ada satu kompleks dengan stasiun Tugu. Dipo ini diutamakan untuk lokomotif-lokomotif besar kelas CC201, CC203, 4 buah CC204, atau CC206 yang bekerja untuk KA penumpang atau barang. Dipo lokomotif ini diperlengkapi dengan pemutar rel (turntable) ada berada di belakangnya. Ada juga dipo kereta Yogyakarta yang terletak satu komplek dengan dipo lokomotif ini.

Subdipo Lokomotif Solo Balapan (SLO)

Subdipo ini ada satu kompleks dengan Stasiun Solo Balapan. Ada dipo kereta yang terletak satu kompleks dengan stasiun dan khusus untuk simpan serangkaian kereta-kereta api yang pergi dari Solo yaitu Argo Dwipangga, Argo Lawu, Lodaya, dan Prameks.

Subdipo Lokomotif Purwosari (PWS)

Dipo ini terlatak di samping timur-laut Stasiun Purwosari. Dulu, dipo ini layani perawatan kereta api penumpang. Tetapi sekarang ini dipo ini cuman layani perawatan kereta api semen dan serangkaian kereta api uap Jaladara.

Stasiun Kereta Api DAOP VI Yogyakarta

Berikut ini daftar Stasiun Kereta Api yang masih masuk wilayah DAOP VI Yogyakarta:

  • Stasiun Brambanan (BBN)
  • Stasiun Ceper (CE)
  • Stasiun Delanggu (DLG)
  • Stasiun Gawok (GW)
  • Stasiun Goprak (GPK)
  • Stasiun Grompol
  • Stasiun Gundih (GD)
  • Stasiun Jenar (JN)
  • Stasiun Kalasan
  • Stasiun Kalimenur
  • Stasiun Kalioso (KO)
  • Stasiun Kebonromo (KRO)
  • Stasiun Kedundang
  • Stasiun Kedungbanteng (KDB)
  • Stasiun Kemiri (KMR)
  • Stasiun Ketandan
  • Stasiun Klaten (KT)
  • Stasiun Lempuyangan (LPN)
  • Stasiun Maguwo (MGW)
  • Stasiun Masaran (MSR)
  • Stasiun Montelan
  • Stasiun Palur (PL)
  • Stasiun Pasarnguter
  • Stasiun Pathukan (PTN)
  • Stasiun Purwosari (PWS)
  • Stasiun Rewulu (RWL)
  • Stasiun Salem (SLM)
  • Stasiun Sedayu
  • Stasiun Sentolo (STL)
  • Stasiun Solo Balapan (SLO)
  • Stasiun Solo Jebres (SK)
  • Stasiun Solo Kota (SKA)
  • Stasiun Sragen (SRG)
  • Stasiun Srowot (SWT)
  • Stasiun Sukoharjo
  • Stasiun Sumberlawang (SUM)
  • Stasiun Wates (WT)
  • Stasiun Wojo (WJ)
  • Stasiun Wonogiri (WNG)
  • Stasiun Yogyakarta (YK)

Daerah Operasi VII Madiun

Daerah Operasi VII Madiun

 

Daerah Operasi VII Madiun atau dipersingkat dengan Daop VII MN atau Daop 7 Madiun adalah daerah operasi perkeretaapian Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang ada di bawah Direksi PT Kereta Api Indonesia dipegang dengan seorang Kepala Daerah Operasi (Kadaop) yang ada di bawah dan bertanggungjawab ke Direksi PT Kereta Api Indonesia.

Daerah Operasi VII Madiun terhampar dari barat ada di Stasiun Walikukun, Ngawi sampai timur yakni Stasiun Curahmalang, Jombang dan samping selatan yakni Stasiun Blitar, Blitar. Stasiun besar di daerah Daop VII ialah Stasiun Madiun, Stasiun Kediri, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Jombang. Dipo Lokomotif di daerah Daops VII yaitu Dipo Lokomotif Madiun (MN) yang ada dalam kompleks Stasiun Madiun.

Di daerah operasi berikut ada pusat industri kereta api PT INKA dengan manfaatkan eks-Balai Yasa Madiun yang disebut pabrik kereta api salah satu di Indonesia, atau Asia Tenggara.

Ada dua subdipo lokomotif, yaitu pada Stasiun Kertosono, Stasiun Kediri, dan Stasiun Tulungagung. Subdipo Lokomotif Kertosono dan Subdipo Lokomotif Tulungagung sekarang ini tidak layani KA Penumpang Reguler, sedang subdipo lokomotif Kediri layani lokomotif Krakatau Kahuripan dan Brantas. Dahulu ada lintasi cabang rel yang ke arah Slahung, Ponorogo namun di tahun 1996 rel itu tidak beroperasi.

Kereta Api Dibawah DAOP VII Madiun

Kereta api penumpang yang ada di bawah operasionalisasi Daop VII Madiun salah satunya ialah:

  • Kereta api Singasari, kelas Ekonomi AC rekanan Stasiun Blitar s.d. Stasiun Pasar Senen bernomor gapeka 155 s.d. 158
  • Kereta api Brantas, kelas Ekonomi rekanan Stasiun Blitar s.d. Stasiun Pasar Senen bernomor gapeka 175 s.d. 176
  • Kereta api Kahuripan, kelas ekonomi rekanan Stasiun Blitar s.d. Stasiun Kiaracondong bernomor gapeka 181 s.d. 182
  • Kereta api Mantab, Kelas Ekonomi AC Premium rekanan Stasiun Madiun s.d. Stasiun Pasar Senen

Lintasi Operasi

  • Solo Balapan-Kertosono
  • Kertosono-Bangil
  • Kertosono-Wonokromo

Lintasi Tidak Beroperasi

  • Madiun-Sleko
  • Sleko-Slahung
  • Slahun-Tegalombo
  • Madiun-Goranggareng
  • Goranggareng-Barat
  • Kediri-Pare-Jombang
  • Jombang-Babat
  • Tulungagung-Trenggalek

Dipo Lokomotif

Dipo Lokomotif Madiun (bersebelahan dengan pabrik PT INKA)

Berada di Jalan Yos Sudarso. 69, Madiun, satu kompleks dengan Stasiun Madiun dan bersisihan dengan pabrik PT Industri Kereta Api Madiun (Inka). Dipo ini sebagai dipo lokomotif yang kerap sering kali disinggahi lokomotif yang sudah usai pembikinannya dari pabrik Inka. Disamping itu didalamnya ada juga dipo kereta dan dipo teknisi yang ada di samping timur dipo lokomotif persisnya di selatan pintu keluar rel dari pabrik INKA.

Stasiun Kereta Api DAOP VII Madiun

Berikut ini daftar Stasiun Kereta Api yang masih masuk wilayah DAOP VII Madiun:

  • Stasiun Babadan (BBD) +63 m
  • Stasiun Bagor (BGR) +58 m
  • Stasiun Bandung
  • Stasiun Barat (BRT) +70 m
  • Stasiun Baron (BRN) +46 m
  • Stasiun Blitar (BL) +167m
  • Stasiun Boyolangu
  • Stasiun Campurdarat
  • Stasiun Caruban (CRB) +84 m
  • Stasiun Curahmalang (CRM) +25 m
  • Stasiun Garum (GRM) +244m
  • Stasiun Geneng (GG) +53 m
  • Stasiun Jombang (JG) +44 m
  • Stasiun Kediri (KD) +68 m
  • Stasiun Kedunggalar (KGL) +75 m
  • Stasiun Kertosono (KTS) +43 m
  • Stasiun Kras (KRS) +79 dpl m
  • Stasiun Madiun (MN) +63 m
  • Stasiun Minggiran (MGN) +56 m
  • Stasiun Ngadiluwih (NDL) +83 m
  • Stasiun Nganjuk (NJ) +58 m
  • Stasiun Ngujang (NJG) +87 dpl m
  • Stasiun Ngunut (NT) +104 m
  • Stasiun Papar (PPR) +52 m
  • Stasiun Paron (PA) +56 m
  • Stasiun Peterongan (PTR) +43 m
  • Stasiun Purwoasri (PWA) +59 m
  • Stasiun Rejotangan (RJ) +116 m
  • Stasiun Saradan (SRD) +107 m
  • Stasiun Sembung (SMB) +47 m
  • Stasiun Sukomoro (SKM) +50 m
  • Stasiun Sumbergempol (SBL) +92 m
  • Stasiun Sumobito (SBO) +28 m
  • Stasiun Susuhan (SS) +60 m
  • Stasiun Talun (TAL) +244m
  • Stasiun Trenggalek
  • Stasiun Tugu
  • Stasiun Tulungagung
  • Stasiun Tulungagung (TA) +106 m
  • Stasiun Walikukun (WK) +75 m
  • Stasiun Wilangan (WLG) +96 m

Daerah Operasi VIII Surabaya

Daerah Operasi VIII Surabaya

 

Daerah Operasi VIII Surabaya atau dipersingkat dengan Daop 8 Surabaya atau Daop VIII SB adalah daerah operasi perkeretaapian Indonesia, di bawah lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang ada di bawah Direksi PT Kereta Api Indonesia dipegang dengan seorang Executive Vice President (EVP) yang ada di bawah dan bertanggungjawab ke Direksi PT Kereta Api Indonesia.

Stasiun besar di daerah Daop VIII diantaranya Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Surabaya Kota/Semut, Stasiun Blitar, Stasiun Malang, Stasiun Wonokromo, dan Stasiun Lamongan. Dipo Lokomotif paling besar yaitu Dipo Lokomotif Sidotopo (SDT) yang ada dalam kompleks Stasiun Sidotopo.

Kereta Api Dibawah DAOP VIII Surabaya

Kereta api penumpang yang disebut punya operator Surabaya salah satunya:

Eksekutif

  • Kereta api Argo Bromo Anggrek eksekutif argo relasi Surabaya Pasar Turi – Gambir nomor 1-4.
  • Kereta api Turangga kelas eksekutif relasi Gubeng – Bandung nomor 49-50.
  • Kereta api Bangunkarta kelas eksekutif relasi Surabaya Gubeng – Gambir nomor 55 dan 56.

Bisnis dan kombinasi

  • Kereta api Sancaka kelas eksekutif dan Bisnis relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta nomor 83-86.
  • Kereta api Sarangan bisnis tujuan Surabaya Gubeng-Madiun nomor 143-144.

Ekonomi AC PSO dan Non-PSO

  • Kereta api Kertajaya kelas Ekonomi relasi Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen nomor 177-178.
  • Kereta api Pasundan kelas Ekonomi relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong nomor GAPEKA 179-180.
  • Kereta api Maharani kelas Ekonomi relasi Surabaya Pasar Turi – Semarangponcol nomor 213-214.
  • Kereta api Rapi Dhoho kelas Ekonomi relasi Surabaya Gubeng – Blitar lewat Kertosono nomor 441-456.

Komuter

  • KRD Bojonegoro kelas ekonomi AC relasi Sidoarjo – Pasarturi – Bojonegoro nomor 471-476.
  • KRD Arjuna Ekspres relasi Surabaya Gubeng – Madiun nomor 251-252.
  • KRD Sulam relasi Pasarturi – Lamongan nomor 301-304.
  • KRD Surabaya-Sidoarjo relasi Surabaya Gubeng – Sidoarjo nomor 295-300.
  • KRD Jenggala relasi Sidoarjo-Tulangan-Tarik-Mojokerto nomor 306-311 dan 314-319.
  • KRD Surabaya-Kertosono relasi Surabaya Kota s.d. Kertosono bernomor 477-480.

KA yang dioperasionalkan di tempat Malang salah satunya:

Eksekutif

  • Kereta api Gajayana kelas eksekutif relasi Malang – Gambir nomor 41-42.

Ekonomi AC

  • Kereta api Majapahit kelas ekonomi AC relasi Malang – Pasar Senen nomor 149-150.

Ekonomi

  • Kereta api Matarmaja kelas ekonomi AC relasi Malang – Pasar Senen nomor 171-172.

Komuter

  • Kereta api Penataran kelas Ekonomi relasi Blitar – Malang – Surabaya Gubeng nomor 457-470.

Ada juga kereta api yang layani Daop VIII Surabaya yang di bawah operasionalisasi Daop lain, salah satunya ialah:

  • Kereta api Bima eksekutif tujuan Stasiun Malang – Stasiun Surabaya Gubeng – Stasiun Gambir nomor 43-46 (Operator DAOP I JAK).
  • Kereta api Sembrani eksekutif tujuan Pasar Turi – Stasiun Gambir nomor 47-48 (Operator DAOP I JAK).
  • Kereta api Gumarang eksekutif, bisnis dan ekonomi relasi Pasar Senen – Stasiun Surabaya Pasar Turi nomor 77-78 (Opetaror DAOP I
  • JAK).
  • Kereta api Style Baru Malam ekonomi relasi Pasar Senen – Stasiun Surabaya Gubeng nomor 173-174 (Operator DAOP I JAK).
  • Kereta api Jayabaya kelas ekonomi relasi Malang – Pasarsenen Melalui Pasar Turi nomor 151-154 (Operator DAOP I JAK).
  • Kereta api Mutiara Timur kelas eksekutif dan bisnis relasi Stasiun Surabaya Gubeng s.d. Stasiun Banyuwangibaru bernomor 87-90
  • (Operator Daop IX JR)
  • Kereta api Malabar kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi relasi Stasiun Malang s.d. Stasiun Bandung bernomor 99-100 (Operator
  • DAOP II BD).
  • Kereta api Harina kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi relasi Pasarturi – Bandung nomor 73-76 (Operator DAOP II BD),
  • Kereta api Mutiara Selatan kelas Bisnis relasi Stasiun Surabaya Gubeng s.d. Stasiun Bandung bernomor 131-132 (Operator DAOP II
  • BD).
  • Kereta api Malioboro Ekspres kelas Ekonomi dan Eksekutif relasi Malang s.d. Yogyakarta bernomor 101-104 (Opeator DAOP VI YK).

Stasiun Kereta Api DAOP VIII Surabaya

Berikut ini daftar Stasiun Kereta Api yang masih masuk wilayah DAOP VIII Surabaya:

  • Stasiun Babat (BBT) +7m
  • Stasiun Bangil (BG) +9m
  • Stasiun Benowo (BNW) +3m
  • Stasiun Blimbing (BMG) +460m
  • Stasiun Boharan (BH) +10m
  • Stasiun Bojonegoro (BJ) +15m
  • Stasiun Bowerno (BWO) +21m
  • Stasiun Cerme (CME) +6m
  • Stasiun Duduk (DD) +2m
  • Stasiun Gedangan (GDG) +4m
  • Stasiun Gembong (GEB) +6m
  • Stasiun Gununggangsir (GNG) +9m
  • Stasiun Kalitidu (KIT) +24m
  • Stasiun Kandangan (KDA) +2m
  • Stasiun Kapas (KPS) +20m
  • Stasiun Kedinding (KDN) +13m
  • Stasiun Kepanjen (KPN) +335m
  • Stasiun Krian (KRN) +12m
  • Stasiun Lamongan (LMG) +2m
  • Stasiun Lawang (LW) +491m
  • Stasiun Malang (ML) +444m
  • Stasiun Malang Kota Lama (MLK) +429m
  • Stasiun Mojokerto (MR) +22m
  • Stasiun Ngebruk (NB) +319m
  • Stasiun Pakisaji (PSI) +386m
  • Stasiun Pohgajih (PGJ) +205m
  • Stasiun Porong (PR) +6m
  • Stasiun Prambon (PBN)
  • Stasiun Pucuk (PC) +6m
  • Stasiun Sengon (SN) +312m
  • Stasiun Sepanjang (SPJ) +9m
  • Stasiun Sidoarjo (SDA) +4m
  • Stasiun Sidotopo (SDT) +2,5m
  • Stasiun Singosari (SGS) +487m
  • Stasiun Sukorejo (SKJ) +238m
  • Stasiun Sumari (SMR)
  • Stasiun Sumberpucung (SBP) +296m
  • Stasiun Sumberrejo (SRJ) +16m
  • Stasiun Sumlaran (SLR) +5m
  • Stasiun Surabaya Gubeng (SGU) +5m
  • Stasiun Surabaya Kota (SB) +4m
  • Stasiun Surabaya Pasar Turi (SBI) +1m
  • Stasiun Surabayan (SBN) +3m
  • Stasiun Tandes (TES) +2m
  • Stasiun Tanggulangin (TGA) +6m
  • Stasiun Tarik (TRK) +16m
  • Stasiun Tobo (TBO) +28m
  • Stasiun Tulangan (TLN) +14m
  • Stasiun Waru (WR) +5m
  • Stasiun Wonokerto (WN) +90m
  • Stasiun Wonokromo (WO) +7m

Daerah Operasi IX Jember

Daerah Operasi IX Jember

 

Daerah Operasi IX Jember atau dipersingkat dengan Daop IX JR atau Daop 9 Jember adalah daerah operasi yang ada di bawah lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang ada di bawah Direksi PT Kereta Api Indonesia; dipegang dengan seorang Executive Vice President (EVP)/Kepala Daerah Operasi (Kadaop) yang ada di bawah dan bertanggungjawab ke Direksi PT Kereta Api Indonesia.

Daerah kerja Daop IX ada di ujung timur Pulau Jawa dan terpusat di Jember. Kantornya berada di Jalan Dahlia 2, dekat sama Stasiun Jember.

Stasiun-stasiun khusus yang ada di Daop IX ialah Stasiun Jember, Stasiun Ketapang, Stasiun Probolinggo, Stasiun Pasuruan, Stasiun Kalisat, dan Stasiun Kalibaru. Daop IX mempunyai satu depo lokomotif, yaitu Dipo Lokomotif Jember, dan dua subdipo lokomotif, yaitu Subdipo Probolinggo dan Ketapang. Subdipo Probolinggo terkadang layani lokomotif kereta mengagumkan (KLB) yang lewat/beroperasi di Daop IX, sementara Subdipo Ketapang layani lokomotif-lokomotif punya dipo lain atau punya Dipo Jember sendiri saat dinas dengan kereta-kereta api yang dioperasionalkan Daop IX atau Daop lain.

Lintasi Operasi

Hingga saat ini semua lintasi operasi di Daop ini masih memakai mekanisme persinyalan dan wesel teknisi, tetapi tidak tutup peluang kelak mekanisme persinyalan itu akan ditukar dengan mekanisme persinyalan elektrik; apa lagi bila nantinya kelak dibuat lajur double jalur Bangil-Ketapang.[1]

Lintasi Beroperasi

  • Lajur kereta api Bangil-Kalisat
  • Lajur kereta api Kalisat-Ketapang

Lintasi Tidak Beroperasi

  • Kalisat-Panarukan
  • Probolinggo-Paiton
  • Klakah-Lumajang
  • Lumajang-Pasirian
  • Lumajang-Balung
  • Balung-Ambulu
  • Kabat-Banyuwangi
  • Rogojampi-Benculuk

Fasilitas Perawatan

Depo Lokomotif Jember (JR)

Berada di Jalan Mawar, satu kompleks dengan Stasiun Jember dan berada di samping barat laut stasiun. Sekarang ini depo lokomotif ini mempunyai sepuluh unit lokomotif Diesel Elektrik (DE), awalnya pernah cuman mempunyai lokomotif Diesel Hidrolik (DH).

Subdepo Lokomotif dan Depo Kereta Ketapang (KTG)

Berada di samping timur Stasiun Ketapang, subdepo dan depo ini beruntun ialah tempat beristirahat untuk lokomotif dan ruang perawatan serangkaian KA punya Daop IX Jember. Awalannya subdepo dan depo ini namanya Banyuwangi (BW); ada satu kompleks dengan Stasiun Banyuwangi Lama, selanjutnya dipindahkan ke Stasiun Banyuwangi Baru (nama lama Ketapang) sejak lajur rel baru ke arah Dermaga Ketapang dioperasionalkan tahun 1985. Subdepo dan depo ini baru susul diganti namanya jadi Ketapang sekitaran satu tahun selanjutnya sesudah dilaksanakan peralihan nama Stasiun Banyuwangi Baru jadi Stasiun Ketapang pada tahun akhir 2019.

Subdipo Lokomotif Probolinggo (PB)

Berada di samping barat Stasiun Probolinggo. Dahulu lokomotif yang terlayani di subdepo ini ialah lokomotif KA Probowangi yang umumnya menggunakan loko diesel hidrolik (DH). Terkadang lokomotif kereta mengagumkan (KLB) yang layani lajur barat Daop IX istirahat di subdepo ini.

Stasiun Kereta Api DAOP IX Jember

Berikut ini daftar Stasiun Kereta Api yang masih masuk wilayah DAOP IX Jember:

  • Stasiun Argopuro (AGO)
  • Stasiun Arjasa (AJ)
  • Stasiun Bangsalsari (BSS)
  • Stasiun Banyuwangi Kota (BWI)
  • Stasiun Bayeman (BYM)
  • Stasiun Garahan (GRN)
  • Stasiun Glenmore (GLM)
  • Stasiun Grati (GI)
  • Stasiun Jatiroto (JTR)
  • Stasiun Jember (JR) (pusat Daop IX Jember)
  • Stasiun Kalibaru (KBR)
  • Stasiun Kalisat (KLT)
  • Stasiun Kalisetail (KSL)
  • Stasiun Ketapang (KTG)
  • Stasiun Klakah (KK)
  • Stasiun Kotok (KTK)
  • Stasiun Leces (LEC)
  • Stasiun Ledokombo (LDO)
  • Stasiun Malasan (MLS)
  • Stasiun Mangli (MI)
  • Stasiun Mrawan (MRW)
  • Stasiun Pasuruan (PS)
  • Stasiun Probolinggo (PB)
  • Stasiun Rambipuji (RBP)
  • Stasiun Randuagung (RDA)
  • Stasiun Ranuyoso (RN)
  • Stasiun Rejoso (RO)
  • Stasiun Rogojampi (RGP)
  • Stasiun Sempolan (SPL)
  • Stasiun Singojuruh (SGJ)
  • Stasiun Sumberwadung (SWD)
  • Stasiun Tanggul (TGL)
  • Stasiun Temuguruh (TGR)

Divisi Regional Kereta Api Indonesia

Belum banyak informasi mengenai jalur kereta api dan informasi lainnya mengenai Kereta Api di luar pulau jawa.

Divisi Regional I Sumatera Utara dan Aceh

Berikut ini daftar Stasiun Kereta Api yang masih masuk wilayah Divisi Regional I Sumatera Utara dan Aceh:

  • Stasiun Medan
  • Stasiun Bandara Kuala Namu
  • Stasiun Tanjung Balai
  • Stasiun Kisaran
  • Stasiun Rantau Prapat
  • Stasiun Binjai
  • Stasiun Siantar

Divisi Regional II Sumatera Barat

Berikut ini daftar Stasiun Kereta Api yang masih masuk wilayah Divisi Regional II Sumatera Barat:

  • Stasiun Padang

Divisi Regional III Palembang

Berikut ini daftar Stasiun Kereta Api yang masih masuk wilayah Divisi Regional III Palembang:

  • Stasiun Lubuk Linggau

Divisi Regional IV Lampung

Berikut ini daftar Stasiun Kereta Api yang masih masuk wilayah Divisi Regional IV Lampung:

  • Stasiun Tanjung Karang

Cara Membeli Tiket Kereta Api

Untuk berpergian dari satu kota ke kota lain di Indonesia Anda bisa memilih lewat beberapa alternatif moda transportasi. Diawali dari kendaraan pribadi untuk jarak dekat, kapal laut, pesawat terbang dan kereta api. Transportasi kereta api pada tahun ini sangat modern karena kereta yang digunakan sudah melakukan peremajaan.

Hingga bila kita memakai transportasi kereta api, kita akan terasa nyaman saat melakukan perjalanan. Cara pesan tiket kereta api pada tahun ini sangat beraneka ragam dan benar-benar mempermudah calon penumpang. Kita bisa pesan tiket secara online dan offline.

Cara Membeli Tiket Kereta Api Online di KAI Access

KAI Access memudahkan calon penumpang yang ingin memesan, membatalkan, mengganti jadwal atau hanya melihat jadwal perjalanan dan ketersediaan kereta api.

Kereta yang bisa dipesan meliputi kereta antar kota, kereta lokal, dan kereta bandara. Setelah mengunduh aplikasinya di Playstore atau App Store, kamu bisa simak cara pesan tiket kereta api di KAI Access berikut ini.

  • Daftarkan akunmu terlebih dahulu. Pendaftaran akun ada di bagian tab ‘Akun’. Kamu juga bisa mengatur bahasa yang kamu inginkan.
  • Masuk ke tab ‘Beranda’. Pilih jenis kereta.
  • Pilih kota asal dan kota tujuan.4. Masukkan tanggal berangkat. Kamu juga bisa masukkan tanggal kembali apabila ingin membeli tiket pulang pergi (PP).
  • Masukkan jumlah penumpang maksimal 4 orang. Apabila ada yang berusia < 3 tahun, masukkan jumlah penumpang bayi.
  • Pilih kereta api yang kamu inginkan. Selain nama kereta api, terdapat kelas, jam keberangkatan, durasi dan harga.
  • Isi data diri. Pilih salah satu jenis data diri.
  • Pilih kursi. Kamu juga bisa memilih gerbong yang kamu inginkan.
  • Bayar tiket. Kamu bisa melakukan pembayaran melalui payment point, gerai retail minimarket, ATM, m-banking, e-banking, instant payment dan LinkAja.

Cara Membeli Tiket Kereta Api di Stasiun

Untuk beli tiket kereta api secara offline atau di stasiun, kamu harus bertandang ke stasiun terdekat yang melayani penjualan tiket. Sesudah sampai, datangi loket penjualan tiket, lalu sebut stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, dan banyaknya penumpang ke petugas yang bertugas.

Biasanya, petugas akan memberikan daftar harga dan jadwal keberangkatan yang ada. Di sini, kamu tinggal pilih jadwal yang sesuai keinginan.

Sesudah itu, kamu tinggal bayar tiket tersebut ke petugas loket. Terakhir, kamu akan memperoleh kode reservasi yang dapat dicetak di hari keberangkatan.

Cara Membeli Tiket Kereta Api di Traveloka

Barikut ini cara membeli tiket Kereta Api di Traveloka, Anda bisa mengikuti langkah – langkah nya yang sudah dijelaskan di bawah ini:

  1. Pilih menu Tiket Kereta Api.
  2. Isi rute, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang yang Anda inginkan, kemudian ketuk Cari Tiket.
  3. Anda akan dapat melihat nama kereta, kelas, dan jam keberangkatannya. Ketuk pilihan Anda.
  4. Isi detail yang diperlukan seperti Data Pemesan dan Data Penumpang.
  5. Anda dapat memilih kursi dengan mengetuk Pilih Kursi. Setelah itu, ketuk Lanjut ke Pembayaran untuk melakukan pembayaran.

Cara Membeli Tiket Kereta Api di Tiket.com

Berikut cara membeli atau memesan tiket kereta api indonesia di marketplace Tiket.com :

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Tiket.com, kemudian pilih menu Kereta Api.

Kemudian atur detail antara lain :
– Lokasi keberangkatan
– Tujuan Kereta
– Tanggal Keberangkatan
– Jumlah Penumpang
Jika sudah tekan Search Trains.

  • Atur Keberangkatan Kereta

Kemudian atur detail antara lain :
– Lokasi keberangkatan
– Tujuan Kereta
– Tanggal Keberangkatan
– Jumlah Penumpang

Jika sudah tekan Search Trains.

  • Pilih Kereta
    Selanjutnya pilih kereta api yang akan digunakan sesuai jadwal keberangkatan dan harga.

Cara Membeli Tiket Kereta Api di Pegipegi

Berikut cara membeli atau memesan tiket kereta api indonesia di marketplace Pegipegi :

  • Cari Kereta Api
    Mulai pencarian Anda di halaman utama, Kereta Api Pegipegi dan masukkan data yang diperlukan untuk perjalanan Anda.
  • Pilih Perjalanan Kereta Api
    Di halaman pencarian, Anda dapat memilih perjalanan kereta api yang diinginkan. Klik tombol “PESAN” untuk memesan tiket tersebut.
  • Isi Data Pemesanan
    Setelah memilih perjalanan kereta api, Anda harus mengisi data pemesan yang dapat dihubungi serta data penumpang yang akan berangkat.
  • Lakukan Pembayaran
    Pilih dan klik metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda (Kartu Kredit / Bank Transfer)
  • E-Ticket Dikirim
    Jika pembayaran sukses kami terima, e-ticket akan terkirim secara otomatis ke alamat email Anda maksimal 60 menit sejak pembayaran dilakukan. Perlu dicatat, e-ticket ini bukanlah tiket kereta api. Anda harus menukarkan e-ticket dengan tiket kereta yang asli di stasiun keberangkatan.

Cara Membeli Tiket Kereta Api di Indomart/Alfamart

Tidak sempat membeli tiket kereta api sendiri dan tidak memiliki jaringan internet untuk memesan tiket secara online? Tenang saja, Anda tetap bisa membeli tiket kereta api di Alfamart atau Indomaret terdekat. Berikut adalah cara beli tiket kereta api di kedua minimarket tersebut:

  1. Kunjungi Indomaret / Alfamart terdekat
  2. Silakan menuju ke bagian kasir untuk membeli tiket kereta api
  3. Kasir akan mengecek jadwal keberangkatan kereta dan ketersediaan kursi
  4. Setelah kasir menginformasikan ketersediaan kursi, Anda bisa langsung membayar tiket tersebut berserta dengan biaya administrasinya
  5. Kasir akan memberikan kode tiket dalam bentuk struk, simpan struk tersebut jangan sampai hilang
  6. Tukarkan kode yang tertera pada struk tersebut dengan kereta api di stasiun pada hari keberangkatan Anda, usahakan datang lebih awal agar Anda dapat menukarkan tiket tersebut

Cara Membeli Tiket Kereta Api di Shopee

Berikut cara membeli atau memesan tiket kereta api indonesia di marketplace Shopee:

  1. Buka aplikasi shopee. saya coba lewat website shopee belum ada menunya.
  2. Login menggunakan username dan password shopee yang benar.
  3. Setelah itu, di halaman homepage shopee, pilih menu “Produk Digital”
  4. Scroll ke bawah, cari sub menu ” Tiket Kereta Api “.
  5. Isi asal keberangkatan, tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah tiket yang mau dibeli baik untuk bayi (infant) maupun dewasa.
    klik cari.
  6. Muncul berbagai pilihan nama kereta, jadwal, dan harga, silakan pilih yang paling cocok.
  7. Masukkan kontak pemesan: nama lengkap, alamat email, no telepon.
  8. Masukkan data penumpang: nama lengka, identitas, dan nomor identitas.
  9. Pilih kursi.
  10. Konfirmasi pesanan.
  11. Selesaikan pesanan, dengan memilih metode pembayaran, dan setelah itu pun muncul kode pembayaran.
  12. Silakan bayar pesanan tiket kereta api anda di shopee, bisa lewat atm, internet banking, kartu kredit, atau bisa juga di indomaret dan alfamart.
  13. Setelah pembayaran terkonfirmasi, silakan catat atau simpan kode booking untuk anda gunakan saat mencetak tiket boarding pass di mesin counter check in di stasiun keberangkatan.

Cara Membeli Tiket Kereta Api di Tokopedia

Berikut cara membeli atau memesan tiket kereta api indonesia di marketplace Tokopedia:

  1. Buka aplikasi Tokopedia lalu tap Semua Kategori dan geser ke menu tab Travel. Di menu tab tersebut, pilih opsi Tiket Kereta Api.
  2. Pilih salah satu, Sekali Jalan atau Pulang Pergi. Kemudian tentukan rute asal dan tujuan, jumlah penumpang lalu tap tombol Cari Tiket.
  3. Berikutnya muncullah beberapa hasil pencarian sesuai dengan rute yang Anda tuju. Pilih salah satu yang paling tepat.
  4. Setelah dipilih, sekarang isi biodata penumpang yang hendak menaiki kereta.
  5. Sebelum lanjut ke pembayaran, pilih dahulu kursi duduk Anda dengan men-tap tombol Lanjut ke Pilih Kursi.
  6. Saat memilih kursi, jangan lupa pilih gerbong dahulu. Kemudian tap nama penumpang dan tap kursi kosong yang ditandai dengan label berwarna putih.
  7. Perlu diingat bahwa ketika Anda memesan tiket, secara default sistem akan memilihkan nomor kursi untuk Anda. Jadi, jika Anda memilih kursi lain, itu artinya Anda berpindah tempat duduk.
  8. Jika sudah yakin untuk pindah tempat duduk, tap saja Ya.
  9. Sekarang silahkan lanjut ke pembayaran. Pilih metode pembayaran yang menurut Anda paling mudah.

Cara Refund & Membatalkan Tiket Kereta Api

Kamu bisa membatalkan / mengajukan pengembalian dana (refund) untuk tiket kereta api kamu.

Sesuai kebijakan dari PT. KAI, pembatalan dan refund harus dilakukan langsung di stasiun kereta api untuk keperluan verifikasi.

Namun untuk bisa melakukan pembatalan tiket dan mendapatkan pengembalian dana (refund) Anda harus memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah dikeluarkan oleh pihak PT. KAI yaitu:

SYARAT & KETENTUAN PEMBATALAN ONLINE TIKET KERETA API

  • Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access serta menggunakan akun KAI Access pemohon.
  • Pembatalan tiket melalui KAI Access dapat dilakukan selambat-lambatnya 3 jam sebelum Kereta Api berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus Paid serta belum dicetak sebagai boarding pass. Jika lewat dari waktu tersebut maka pembatalan dilakukan di loket stasiun online pembatalan.
  • Untuk pembatalan tiket dikenakan pengembalian bea sebesar 25% dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan.
  • Pengembalian bea hanya melalui skema transfer bank. Pengembalian bea dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Nama dan nomor rekening bank yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.
  • Bilamana terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan maka proses pembatalan akan ditolak secara sistem dan penumpang dapat melakukan pengambilan tunai di loket stasiun yang ditentukan setelah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS blast.
  • Pembatalan secara online juga dapat dilakukan apabila pembelian sebelumnya melalui situs online selain aplikasi KAI Access dan kodebooking dapat masuk ke menu My Trip dan nama yang terdapat di dalam tiket terdaftar sebagai user KAI Access.
  • Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center (021) 121 atau surat elektronik ke alamat cs@kai.id

Cara Refund & Membatalkan Tiket Kereta Api Online di KAI Access

Berikut cara refund dan membatalkan tiket Kereta Api Indonesia melalui KAI Access:

  • Buka aplikasi KAI Access
  • Pilih menu My Trips dan masukkan kode booking tiket yang ingin dibatalkan
  • Pilih menu E-Ticket dan klik tombol Pembatalan
  • Setelahnya, masukkan nama penumpang yang akan melakukan pembatalan tiket kereta api
  • Setelah membaca syarat dan ketentuan, konfirmasi pembatalan tiket kereta api dengan klik tombol Yakin
  • Pengembalian dana tiket kereta api akan dibayarkan secara 100% ke nomor rekening terdaftar dalam kurun waktu 30 hari

Cara Refund & Membatalkan Tiket Kereta Api di Stasiun

Untuk Anda yang ingin tahu cara pembatalan tiket kereta dan cara refund tiket, baca beberapa langkah ini.

1. Datangi Stasiun Kereta

Langkah awal, Anda harus mengunjungi stasiun paling dekat untuk lakukan pembatalan tiket kereta api. Karena, pembatalan dan refund tiket kereta hanya dapat dilakukan langsung melalui PT KAI paling lambat 30 menit saat sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Maka Anda harus mengunjungi langsung stasiun untuk ajukan pembatalan tiket kereta api atau refund. Beberapa persyaratan pembatalan tiket kereta api yang harus Anda persiapkan saat sebelum datang ke stasiun ialah bukti identitas asli sesuai data yang tertera pada boarding pass dan fotokopi KTP.

Pihak yang mengurusi pembatalan tiket kereta api ialah pemilik tiket sendiri. Jika Anda bertepatan tidak dapat hadir ke stasiun karena satu sebab, Anda dapat minta bantuan rekan atau saudaramu yang paling dipercaya untuk mengaturnya.

Janganlah lupa, masukkan surat kuasa pembatalan tiket kereta api yang bertanda tangan di atas materai dan identitas asli seperti yang tercantum di tiket keberangkatan.

Lalu, tidak semua stasiun melayani pengajuan pembatalan tiket kereta api.. Berikut ialah daftar stasiun yang melayani pembatalan tiket kereta api:

  • DAOP 1 Jakarta: Serang, Rangkasbitung, Gambir, Pasar Senen, Bogor, Bekasi, dan Cikampek.
  • DAOP 2 Bandung: Purwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, dan Banjar.
  • DAOP 3 Cirebon: Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, dan Brebes.
  • DAOP 4 Semarang: Tegal, Pekalongan, Semarang Poncol, Semarang Tawang, dan Cepu.
  • DAOP 5 Purwokerto: Purwokerto, Kroya, Cilacap, dan Kutoarjo.
  • DAOP 6 Yogyakarta: Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solo Balapan.
  • DAOP 7 Madiun: Madiun, Kertosono, Kediri, Jombang, dan Blitar.
  • DAOP 8 Surabaya: Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, dan Bojonegoro.
  • DAOP 9 Jember: Banyuwangi Baru, Kalibaru, Jember, Probolinggo, dan Pasuruan.
  • DIVRE I Sumatera Utara: Medan, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran, dan Rantauprapat.
  • DIVRE II Sumatera Barat: Padang.
  • DIVRE III Palembang: Kertapati, Prabumulih, dan Lubuklinggau.
  • DRIVE IV Tanjungkarang: Baturaja, Kotabumi, dan Tanjungkarang.

2. Melengkapi Data Penumpang

Melengkapi data penumpang yang diberi oleh petugas. Ini ialah cara kedua dalam cara pembatalan tiket kereta api.

Sesudah sampai ke stasiun pembatalan tiket kereta api, Anda harus menanyakan dahulu pada petugas yang layani pembatalan tiket kereta api itu, karena tidak semua loket di stasiun melayani pembatalan tiket.

Nanti, oleh petugas Anda akan diberi formulir pembatalan tiket kereta api dan ditujukan ke loket khusus untuk mengajukan pembatalan tiket kereta api.

Setelah itu, Anda tinggal lengkapi data penumpang dengan isi formulir pembatalan tiket kereta api. Formulir pembatalan tiket kereta api ini terdiri dari 2 rangkap formulir, rangkap pertama ialah data tiket, dan rangkap ke-2 ialah data penumpang.

Formulir ini ialah persyaratan pembatalan tiket kereta api yang perlu Anda isi secara lengkap. Jika Anda masih tidak tahu dengan cara pembatalan tiket kereta api tahap kedua ini, Anda dapat menanyakan langsung pada petugas di stasiun.

3. Mendatangi Loket untuk Refund

Kunjungi loket di stasiun dan sampaikan jika Anda ingin mengajukan refund.

Nah, Anda harus memerhatikan cara refund tiket kereta. Cara refund tiket kereta api dengan bertandang ke loket stasiun yang diumumkan oleh petugas di tahapan cara pembatalan tiket kereta api yang kedua.

Anda akan diberi pilihan untuk memutuskan cara refund tiket kereta memakai sistem Transfer Bank atau tunai. Refund ini akan diberi seusai 30×24 jam mulai sejak pengurusan pembatalan tiket. Janganlah lupa untuk bawa formulir yang sudah divalidasi dan bawa bukti identitasmu.

Ingat, jika formulir pembatalan tiket kereta api Anda hilang saat mengambil refund, Anda harus mengikutsertakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

4. Biaya Refund

Sesudah semua proses selesai, Anda dapat menerima refund, Sesudah minimum 30×24 jam. Perlu Anda catat, jika ada biaya untuk melakukan pembatalan tiket kereta api sejumlah 25% dari biaya tiket.

Cara Refund & Membatalkan Tiket Kereta Api di Traveloka

Untuk Anda yang ingin tahu cara pembatalan tiket kereta dan cara refund tiket melalui Traveloka, baca beberapa langkah ini.

1. Login akun Traveloka

Jika Anda belum mempunyai akun Traveloka.com, karena itu Anda diminta untuk melakukan pendaftaran lebih dulu. Cukup mudah, Anda cukup isi data yang dibutuhkan dan ikuti panduan yang ada.

Pendaftaran dilakuka dengan alamat surel atau e-mail yang Anda pakai saat lakukan pemesanan. Kemudian silahkan Anda mulai login di www.traveloka.com/login.

2. Masuk menu Pesanan Saya

Sesudah lakukan register dan log ini, Anda bisa pilih menu “Pesanan Saya”. Menu ini dapat Anda lihat di atas kanan situs Traveloka.

Dalam menu ini akan ada halaman yang memperlihatkan semua daftar pesanan Anda. Agar semakin rinci dalam melihat dan memeriksa, Anda cukup klik tombol “Detail” pada pesanan yang ingin Anda refund atau batalkan.

3. Cek detail pesanan Anda yang ingin direfund

Sesudah melalui tombol Detail, Anda selanjutnya akan dihadapkan ke halaman “Detail Pesanan”. Pada halaman ini, Anda dianjurkan untuk memeriksa detail pemesanan tiket Anda. Kemudian, jika data-data sudah betul dan sama sesuai, Anda cukup memilih tombol “Refund”.

4. Menyetujui syarat dan ketentuan

Sesudah menge-klik tombol Refund, Anda akan masuk ke halaman “Syarat dan Ketentuan Refund Traveloka”. Sesudah setuju, contrenglah kotak di samping kalimat “Ya, saya setuju” di bagian bawah halaman lalu klik tombol “Langkah Selanjutnya.”

5. Isi formulir refund

Sesudah setuju dengan Syarat dan Ketentuan Refund Traveloka, Anda akan diarahkan ke halaman Formulir Refund. Silahkan tentukan penumpang atau tamu yang ingin di-refund, lalu isi semua data yang diminta.

Info ini mencakup Nomor Rekening, Alasan Refund, dan data diri yang lain. Anda dapat mengupload dokumen berkaitan alasan refund, misalkan surat kuasa, surat info dokter dan sebagainya.

Kemudian, centang kotak disamping “Ya, saya setuju” lalu klik tombol “Submit Refund” untuk memberikan pengajuan refund.

6. Cara melihat status permintaan refund

Status refund bisa dipantau lewat halaman “Detail Pesanan Saya,” Proses pembatalan ini selanjutnya akan diproses selama beberapa saat, Anda cukup menunggu dan memeriksa detail pesanan Anda.

Cara Refund & Membatalkan Tiket Kereta Api di Tiket.com

Untuk Anda yang ingin tahu cara pembatalan tiket kereta dan cara refund tiket, baca beberapa langkah ini.

Sayangnya Tiket.com tidak menerima refund dan pembatalan tiket, jadi Anda harus datang sendiri ke Stasiun terdekat yang melayani pembatalan tiket.

Cara Refund & Membatalkan Tiket Kereta Api di Pegipegi

Untuk Anda yang ingin tahu cara pembatalan tiket kereta dan cara refund tiket, baca beberapa langkah ini.

Mulai tanggal 4 September 2020, sebanyak 48 kereta api mengalami pembatalan perjalanan. Kereta api yang dibatalkan adalah dapat ditemukan di sini.

Penumpang dapat mengajukan proses refund dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Proses refund dilakukan langsung di loket stasiun kereta api
  • Berlaku 30 hari setelah tanggal keberangkatan
  • Penumpang mendapatkan refund 100% dari biaya tiket perjalanan
  • Proses refund tidak dapat dilakukan melalui Pegipegi

Cara Refund & Membatalkan Tiket Kereta Api di Indomart/Alfamart

Untuk Anda yang ingin tahu cara pembatalan tiket kereta dan cara refund tiket, baca beberapa langkah ini.

  • Mendatangi kantor merchant tertentu (Indomaret, Alfamart, Alfamidi dan lain sebagainya)
  • Memberitahukan kasir kalau kalian ingin refund tiket kereta api.
  • Serahkan struk pembelian tiket yang sebelumnya agar tiket diubah atau dibatalkan.
  • Proses selesai!

Cara Refund & Membatalkan Tiket Kereta Api di Shopee

Untuk Anda yang ingin tahu cara pembatalan tiket kereta dan cara refund tiket, baca beberapa langkah ini.

Sayangnya Shopee tidak menerima refund dan pembatalan tiket, jadi Anda harus datang sendiri ke Stasiun terdekat yang melayani pembatalan tiket.

Cara Refund & Membatalkan Tiket Kereta Api di Tokopedia

Untuk Anda yang ingin tahu cara pembatalan tiket kereta dan cara refund tiket, baca beberapa langkah ini.

Setelah membaca berbagai sumber di internet, Admin belum menemukan cara refund dan membatalkan tiket kereta api melalui aplikasi tokopedia, tetapi tokopedia sendiri memberi menyarankan untuk membatalkan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, berikut ini caranya:

  • Unduh dan jalankan aplikasi KAI Access,
  • Selanjutnya buat akun dengan cara mendaftarkan data diri kamu sebagai penumpang,
  • Kemudian buka aplikasi dan pilih fitur My Trips,
  • Pada menu My Trips pilih kode booking yang ingin dibatalkan,
  • Pada menu e-Ticket klik tombol pembatalan,
  • Pilih nama penumpang yang ingin melakukan pembatalan,
  • Centang kolom syarat & ketentuan, kemudian klik lanjutkan,
  • Setelah itu, masukan nomor rekening bank untuk refund tiket kereta. Pastikan nama dan nomor rekening sama dengan nama yang terdaftar di buku rekening,
  • Kemudian, masukan akun untuk refund tiket kereta,
  • Pastikan kamu memasukan nomor rekening yang benar,
  • Selanjutnya, klik “Lanjutkan Proses Pembatalan”,
  • Lakukan konfirmasi pembatalan. Bila sudah benar, klik tombol Konfirmasi dan Lanjutkan,
  • Pastikan lagi data sudah benar. Kemudian klik Ya, saya yakin,
  • Notifikasi: Selamat, pembatalan tiket berhasil! muncul setelah kamu berhasil melakukan pembatalan,
  • Refund tiket kereta akan dikirim ke rekening terdaftar dalam tempo 30 hingga 40 hari setelah hari pembatalan,
  • Refund tiket kereta akan dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket.

Cara Reschedule / Merubah Jadwal Tiket Kereta Api

Kamu bisa melakukan Reschedule / merubah jadwal tiket kereta api kamu.

Namun untuk bisa melakukan Reschedule / merubah jadwal keberangkatan kereta api, Anda harus memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah dikeluarkan oleh pihak PT. KAI yaitu:

SYARAT DAN KETENTUAN PERUBAHAN JADWAL DI KAI ACCESS

  1. Perubahan jadwal dapat dilakukan untuk jadwal keberangkatan dengan kereta api yang sama atau perubahan jadwal keberangkatan dengan kereta api yang berbeda.
  2. Pemohon perubahan jadwal adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access dan menggunakan akun KAI Access milik pemohon.
  3. Perubahan jadwal melalui KAI Access dapat dilakukan maksimal 3 jam sebelum Kereta Api berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus Paid serta belum dicetak sebagai boarding pass. Jika lewat dari waktu tersebut maka perubahan jadwal dilakukan di loket stasiun.
  4. Perubahan jadwal dapat dilakukan apabila tempat duduk Kereta Api yang baru (pengganti), masih tersedia.
  5. Dikenakan biaya perubahan sebesar 25% dari tarif Kereta Api diluar bea pesan dengan pembulatan ke atas pada kelipatan Rp 1.000,-.
  6. Jika Kereta Api jadwal yang baru tarifnya lebih tinggi atau naik kelas pelayanan, maka akan dikenakan biaya tambahan untuk selisihnya dan biaya administrasi.
  7. Jika Kereta Api jadwal baru tarifnya lebih rendah atau turun kelas pelayanan maka tidak ada pengembalian dana untuk selisihya tetapi tetap dikenakan biaya administrasi.
  8. Perubahan jadwal secara online dapat dilakukan untuk pembelian tiket melalui online selain dari aplikasi KAI Access selama belum dicetak sebagai boarding pass, kodebooking dapat masuk ke menu Ticket dan nama yang terdapat di dalam tiket terdaftar sebagai user KAI Access.
  9. Untuk layanan bagasi sepeda tidak secara otomatis mengikuti jadwal yang baru. Penumpang harus melakukan pemesanan ulang bagasi sepedanya.
  10. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center (021) 121 atau surat elektronik ke alamat cs@kai.id

Cara Reschedule / Merubah Jadwal Tiket Kereta Api Online di KAI Access

Untuk Anda yang ingin tahu cara reschedule atau merubah jadwal tiket kereta api, baca beberapa langkah ini.

  1. Pilih menu “My Trips”. Pada menu ini pilih kode booking atau kode pemesanan yang akan diubah jadwalnya (reschedule).
  2. Pada menu “E-Ticket”, klik tombol “Ubah Jadwal”. Perlu diperhatikan, tombol ubah jadwal hanya muncul jika kode booking berstatus lunas atau paid.
  3. Pilih nama penumpang yang akan melakukan perubahan jadwal perjalanan kereta. Jangan lupa untuk mencentang kolom syarat dan ketentuan.
  4. Setelah itu, lanjutkan ke proses pengubahan jadwal kereta.
  5. ada menu “Pesan Tiket”, Anda dapat mencari tiket kereta sesuai dengan jadwal perjalanan yang baru. Anda dapat mengisikan asal stasiun (stasiun keberangkatan), stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan kelas kereta yang dikehendaki, kemudian klik “Cari Tiket”.
  6. Setelah itu akan muncul pilihan jadwal kereta. Anda dapat memilih jadwal perjalanan baru sesuai keinginan.
  7. Halaman konfirmasi pemesanan muncul sebagai review pemesanan tiket yang baru.
  8. Setelah memastikan data benar, centang kolom syarat dan ketentuan, kemudian klik tombol lanjut.
  9. Halaman konfirmasi pembayaran akan muncul sebagai review biaya yang harus Anda bayar, lalu klik tombol pembayaran.
  10. Pilih metode pembayaran yang ingin akan Anda gunakan
  11. Pada menu “Pembayaran”, Anda akan mengetahui harga total tiket yang baru. Kemudian lanjutkan proses dengan mengklik tombol bayar
  12. Setelah itu, akan muncul tanda berhasilnya pemesanan yang baru. Data perjalanan Anda sudah berubah di halaman menu “My Trips”. Anda hanya diberi batas waktu pembayaran satu jam atau 60 menit setelah pemesanan tiket dilakukan.

Perlu pula diperhatikan, bahwa PT KAI menetapkan proses perubahan jadwal akan dikenakan biaya administrasi sebesar 25 persen dari harga tiket yang diubah (pembulatan ke atas kelipatan Rp 1.000).

Cara Reschedule / Merubah Jadwal Tiket Kereta Api di Stasiun

Untuk reschedule atau ganti jadwal kereta api di stasiun, Anda cukup datangi stasiun terdekat yang melayani proses perubahan jadwal tiket kereta api, lalu sampaikan pada petugas loket jika Anda ingin merubah jadwal keberangkatan.

Nantinya Anda akan diarahkan langkah – langkah merubah jadwal tiket kereta api.

Cara Reschedule / Merubah Jadwal Tiket Kereta Api di Traveloka

Untuk reschedule atau merubah jadwal tiket kereta api melalui traveloka tidak tersedia. Namun traveloka memberikan informasi jika ingin merubah jadwal keberangkatan tiket kereta api disarankan melalui stasiun terdekat yang melayani perubahan jadwal kereta api.

Informasi dan Kebijakan Reschedule

1. Reschedule bisa dilakukan paling lambat 60 menit sebelum keberangkatan. Mohon dicatat bahwa terdapat biaya pembatalan sebesar 25% dari harga tiket, tidak termasuk diskon atau biaya layanan.

2. Perubahan jadwal dapat dilakukan pada tiket Kereta Api dengan kondisi berikut :

  • a. Kereta Api yang sama pada hari keberangkatan yang berbeda.
  • b. Kereta Api yang berbeda dengan hari keberangkatan yang sama.
  • c. Kereta Api yang berbeda pada hari keberangkatan yang berbeda.

3. Perubahan jadwal bergantung pada ketersediaan kursi dan akan dikenakan biaya administrasi.

4. Jika harga tiket baru lebih mahal dari tiket lama, selisih harganya akan ditanggung oleh penumpang.

5. Jika tiket baru lebih murah, penumpang tidak akan mendapatkan refund untuk selisih harganya.

6. PT KAI hanya menerima uang tunai. Mohon siapkan uang tunai sebelum datang ke stasiun kereta pilihan Anda.

7. Ketika mengajukan reschedule, harap membawa e-tiket dan kartu identitas asli Anda (KTP, paspor, atau SIM atau Kartu Pelajar/Mahasiswa untuk penumpang di bawah 17 tahun).

8. Isi formulir di konter. Staf PT KAI siap membantu jika Anda membutuhkan bantuan.

9. Jika Anda mewakilkan penumpang untuk melakukan pembatalan dan pengajuan refund, Anda perlu membawa surat kuasa bermaterai Rp10.000 yang ditandatangani penumpang, kartu identitas asli penumpang dan fotokopinya, serta kartu identitas asli Anda beserta fotokopinya.

Untuk informasi lebih lanjut, harap hubungi PT. KAI melalui telepon di 021-121 (24 jam).

Cara Reschedule / Merubah Jadwal Tiket Kereta Api di Tiket.com

Sama seperti traveloka, di Tiket.com tidak ada informasi mengenai cara reschedule atau merubah jadwal kereta api. Namun Tiket.com memberikan saran jika ingin merubah jadwal keberangkatan kereta api sebaiknya melalui stasiun terdekat yang melayani perubahan jadwal tiket.

Cara Reschedule / Merubah Jadwal Tiket Kereta Api di Pegipegi

Sama seperti Tiket.com, di Pegipegi tidak ada informasi mengenai cara reschedule atau merubah jadwal kereta api. Namun Pegipegi memberikan saran jika ingin merubah jadwal keberangkatan kereta api sebaiknya melalui stasiun terdekat yang melayani perubahan jadwal tiket.

Cara Reschedule / Merubah Jadwal Tiket Kereta Api di Indomart

Sama seperti Pegipegi, di Indomart tidak ada informasi mengenai cara reschedule atau merubah jadwal kereta api. Namun Indomart memberikan saran jika ingin merubah jadwal keberangkatan kereta api sebaiknya melalui stasiun terdekat yang melayani perubahan jadwal tiket.

Cara Reschedule / Merubah Jadwal Tiket Kereta Api di Alfamart

Sama seperti Indomart, di Alfamart tidak ada informasi mengenai cara reschedule atau merubah jadwal kereta api. Namun pihak Alfamart memberikan saran jika ingin merubah jadwal keberangkatan kereta api sebaiknya melalui stasiun terdekat yang melayani perubahan jadwal tiket.

Cara Reschedule / Merubah Jadwal Tiket Kereta Api di Shopee

Sama seperti traveloka, di Shopee tidak ada informasi mengenai cara reschedule atau merubah jadwal kereta api. Namun pihak Shopee memberikan saran jika ingin merubah jadwal keberangkatan kereta api sebaiknya melalui stasiun terdekat yang melayani perubahan jadwal tiket.

Cara Reschedule / Merubah Jadwal Tiket Kereta Api di Tokopedia

Sama seperti Shopee, di Tokopedia tidak ada informasi mengenai cara reschedule atau merubah jadwal kereta api. Namun pihak Tokopedia memberikan saran jika ingin merubah jadwal keberangkatan kereta api sebaiknya melalui stasiun terdekat yang melayani perubahan jadwal tiket.

Tips Saat Naik Kereta Api Agar Menyenangkan

Bepergian dengan kereta api menjadi hal seru saat tengah berlibur. Dengan jalur yang terhampar sampai beberapa pelosok Tanah Air, kereta api selalu jadi pilihan moda transportasi favorit.

Tidak ada salahnya Anda mulai membuat dengan matang ide perjalanan dengan keluarga atau teman dekat. Dan, saat bepergian nanti, ingat ya selalu untuk patuhi protokol kesehatan!

Nah, supaya semua persiapan perjalanan dengan kereta api lebih matang, berikut panduan naik kereta api yang dapat Anda terapkan:

1. Pahami Dulu Syarat Berpergian Menggunakan Kereta Api

Bepergian dengan kereta api di saat ini pasti tidak sama dengan masa saat sebelum pandemi. Ada beberapa hal yang perlu dipenuhi agar bepergian nyaman dengan moda transportasi berjulukan ‘ular besi’ itu.

Salah satunya yang harus Anda persiapkan untuk bepergian dengan kereta api ialah menunjukkan hasil test COVID-19. Untuk info lebih lengkap, dapat Anda baca di sini.

2. Pesan Tiket Kereta Api via Online

Dengan perubahan teknologi digital dan untuk terbebas dari potensi kerumunan, Sebaiknya anda pesan tiket kereta api lewat cara online.

Sebagai tips, Anda diharapkan memesan tiket kereta api sedini mungkin supaya tidak kehabisan tiket.

3. Tentukan Waktu Perjalanan

Tips naik kereta api yang patut Anda cermati ialah pilih jadwal keberangkatan. Upayakan untuk memilih jadwal keberangkatan kereta api saat pagi atau siang hari. Dengan demikian, Anda bisa melihat pemandangan menarik selama perjalanan.

4. Membawa Makanan Ringan Untuk Dinikmati

Perjalanan jarak jauh dengan kereta api pasti bisa jadi menyebabkan rasa lapar atau haus yang terkadang dapat mengakibatkan mabuk perjalanan. Nah, supaya Anda masih tetap fit di perjalanan, janganlah lupa bawa perbekalan atau cemilan untuk dinikmati selama perjalanan.

Oh ya, sebenarnya di kereta api ada minuman dan makanan yang dapat Anda beli, tetapi tidak ada salahnya Anda pun mempersiapkan dari rumah untuk sedikit menghemat anggaran.

5. Persiapkan Hiburan Terbaik

Ini tips naik kereta api yang tidak kalah penting! Jangan sampai perjalanan Anda tergulung oleh rasa suntuk sepanjang perjalanan. Unduh aplikasi streaming musik atau streaming film sebelum kereta berangkat, ya. Disamping itu, Sebaiknya anda bawa powerbank sehingga lowbat pun tidak lagi jadi masalah saat di perjalanan.

6. Gunakanlah Baju Lengan Panjang

Saat akan naik kereta api, gunakanlah baju berlengan panjang atau jaket. Disamping untuk meminimalisir resiko penyebaran COVID-19, dengan menggunakan baju lengan panjang, Anda bisa juga terbebas dari potensi kedinginan sepanjang perjalanan.

7. Datang Lebih Awal Ke Stasiun

Saat hari-H keberangkatan, datanglah minimal satu jam lebih cepat untuk proses boarding. Di stasiun, petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen perjalanan Anda, termasuk hasil test negatif COVID-19. Karena itu, jadi penting untuk Anda untuk datang lebih awal di stasiun dari jadwal keberangkatan.

Nah, itu 7 tips naik kereta api yang dapat Anda baca supaya perjalanan jarak jauh terasa menyenangkan.

Perbedaan Kelas Kereta Api

Sebetulnya apa sih pengertian dari kelas kereta api dan sub kelas kereta api tersebut? Jenis kelas kereta api ialah penggolongan tipe sarana dan pelayanan yang akan kamu peroleh saat lakukan perjalanan dengan kereta api, sementara sub kelas kereta api ialah pembagian area tempat duduk di dalam kereta api.

Nah, sesudah tahu masing-masing definisinya, kamu harus ketahui jika ada perbedaan kelas kereta api dan sub kelas kereta api di Indonesia.

1. Kelas Ekonomi

Harga Tiket Kereta Api Kelas Ekonomi

Jenis kelas kereta api yang pertama ialah kelas ekonomi. Sama sesuai namanya, harga tiket kereta api untuk kelas ekonomi ini paling ekonomis di antara semua kelas tiket kereta.

Susunan Tempat Duduk Kereta Api Kelas Ekonomi

Perbedaan kelas kereta api dilihat dari susunan tempat duduk. Susunan tempat duduk di kereta api kelas ekonomi ialah berhadap-hadapan 2-3 dan 3-3, bergantung keretanya.

Untuk sandaran kursi, kamu harus siap duduk dengan punggung lebih tegak. Masalahnya, bangku untuk tipe kelas kereta api ekonomi tidak dapat dimiringkan sama dengan keinginan kamu.

Fasilitas Pendingin Udara/AC di Kereta Api Kelas Ekonomi

Kamu tentu ingin tahu dengan perbedaan kelas kereta api dari sisi pelayanan. Dalam gerbong kereta api kelas ekonomi masih tetap ada AC atau pendingin udara, lho.

Karena itu, saat ini penumpang sudah tidak bisa lagi merokok. Jika kedapatan merokok, penumpang yang menyalahi ketentuan itu dapat di turunkan di stasiun terdekat.

Colokan Listrik dan Ketersediaan Bantal/Selimut

Untuk kamu yang ingin isi daya buat handphone, ada colokan listrik yang dapat kamu pakai bersama penumpang di hadapanmu. Ada satu meja kecil di bawah jendela. Untuk makan, bantal, dan selimut kamu dapat memesannya dengan biaya tambahan.

Banyak Pilihan Tujuan

Jika kamu naik kereta api kelas ekonomi, durasi waktu perjalanan yang kamu lewatkan semakin lebih lama dibanding dengan tipe kelas kereta api yang lain.

Hal tersebut karena kereta api kelas ekonomi berhenti di sebagian besar stasiun kereta yang dilewati . Maka, semakin banyak pilihan tujuan buat kamu kunjungi dengan harganya yang murah.

Daftar Kereta Api Kelas Ekonomi

Berikut ini daftar kereta api yang masuk ke dalam kelas Ekonomi:

  • Kereta Api Tawang Jaya Premium (Premium)
  • Kereta Api Majapahit (Ekonomi)
  • Kereta Api Jayakarta (Premium)
  • Kereta Api Kertajaya (Premium)
  • Kereta Api Jaka Tingkir (Ekonomi)
  • Kereta Api Kutojaya Utara (Premium)
  • Kereta Api Menoreh (Ekonomi)
  • Kereta Api Maharani (Premium)
  • Kereta Api Ambarawa Ekspres (Ekonomi)
  • Kereta Api Blora Jaya (Ekonomi)
  • Kereta Api Matarmaja (Ekonomi)
  • Kereta Api Kahuripan (Ekonomi)
  • Kereta Api Pasundan (Ekonomi)
  • Kereta Api Sri Tanjung (Ekonomi)
  • Kereta Api Bengawan (Ekonomi)
  • Kereta Api Progo (Ekonomi)
  • Kereta Api Serayu (Ekonomi)
  • Kereta Api Tawang Jaya (Ekonomi)
  • Kereta Api Kutojaya Selatan (Ekonomi)
  • Kereta Api Tawang Alun (Ekonomi)
  • Kereta Api Probowangi (Ekonomi)
  • Kereta Api Tegal Ekspres (Ekonomi)
  • Kereta Api Putri Deli (Ekonomi)
  • Kereta Api Siantar Ekspres (Ekonomi)
  • Kereta Api Kuala Stabas (Premium)
  • Kereta Api Serelo (Ekonomi)
  • Kereta Api Rajabasa (Ekonomi)
  • Kereta Api Way Umpu (Ekonomi)
  • Kereta Api Lokal Bandung Raya (Ekonomi)
  • Kereta Api Lokal Cibatu (Ekonomi)
  • Kereta Api Lokal Merak (Ekonomi)
  • Kereta Api Pandanwangi (Ekonomi)
  • Kereta Api Cut Meutia (Ekonomi)
  • Kereta Api Lokal Bojonegoro (Ekonomi)
  • Kereta Api Lokal Kertosono (Ekonomi)
  • Kereta Api Komuter SuLam (Ekonomi)
  • Kereta Api Komuter SuPor (Ekonomi)
  • Kereta Api Sri Lelawangsa (Ekonomi)
  • Kereta Api Jatiluhur Ekspres (Ekonomi)
  • Kereta Api Walahar/Cilamaya Ekspres (Ekonomi)
  • Kereta Api Penataran (Ekonomi)
  • Kereta Api Pandanwangi (Ekonomi)
  • Kereta Api Rapih Dhoho (Ekonomi)
  • Kereta Api Siliwangi (Ekonomi)
  • Kereta Api Sibinuang (Ekonomi)
  • Kereta Api Seminung (Ekonomi)

2. Kelas Bisnis

Harga Tiket Kereta Api Kelas Bisnis

Poin pertama mengenai perbedaan kelas kereta api usaha ialah dari sisi harga. Tiket kereta api kelas bisnis memang tidak serendah kelas ekonomi, tetapi tetap relatif terjangkau dibandingkan kelas eksekutif.

Formasi Tempat Duduk Kereta Api Kelas Bisnis

Tidak mau duduk berhadap-hadapan dalam kereta? Pesan tiket kereta api kelas bisnis kelihatannya pas untuk kamu. Kursi kelas usaha diatur dengan formasi 2-2.

Sandaran kursi kelas bisnis memang tidak dapat diatur kemiringannya, tetapi posisi sandarannya tidak tegak lurus. Ruangan kaki untuk penumpang kereta api kelas usaha lebih lebar dibandingkan kelas ekonomi.

Layanan Pendingin Udara/AC di Kereta Api Kelas Bisnis

Gerbong kereta api kelas usaha diperlengkapi dengan pendingin udara atau AC yang cukup dingin. Ingat, kamu dilarang merokok di kereta kelas bisnis, karena bila tertangkap, resikonya akan di turunkan di stasiun terdekat.

Colokan Listrik dan Adanya Bantal/Selimut

Mau bermain games di handphone atau dengarkan musik sampai senang saat jalanan dengan kereta kelas bisnis? Bisa! Ada colokan listrik di bawah jendela yang terdekat denganmu.

Tetapi, sama dengan kereta api kelas ekonomi, kereta api tipe kelas bisnis tidak menyediakan bantal dan selimut gratis buat penumpang.

Durasi waktu Perjalanan

Durasi waktu tempuh kereta bisnis untuk jalur perjalanan yang serupa tidak secepat kereta api kelas eksekutif.

Daftar Kereta Api Kelas Bisnis

Berikut ini daftar kereta api yang masuk ke dalam kelas Bisnis:

  • Kereta Api Madiun Tambahan (Bisnis)
  • Kereta Api Sribilah (Bisnis)

3. Kelas Eksekutif

Harga Tiket Kereta Api Kelas Eksekutif

Ingin jalan-jalan naik kereta dengan kenyamanan kelas premium? Kamu berarti harus pesan tiket kereta api kelas eksekutif.

Tiket kereta api kelas eksekutif menyiapkan pelayanan premium. Masalah harga, pasti ada kualitas berarti ada kuantitas. Harga tiket kereta api eksekutif lebih mahal dibanding kelas ekonomi dan bisnis.

Susunan Tempat Duduk Kereta Api Kelas Eksekutif

Perbedaan kelas kereta api kelas eksekutif dari kelas yang lain pasti kenyamanan tempat duduk yang lebih optimal. Formasi tempat duduk di kereta api kelas eksekutif ialah 2-2.

Kursinya empuk dan sudut kemiringan sandarannya dapat kamu atur sesuka hati. Ruangan kakinya lumayan lebar, plus ada injakan kaki di depan agar tidak pegal.

Layanan Pendingin Udara/AC di Kereta Api Kelas Eksekutif

Layanan pendingin udara jadi perbedaan kelas kereta api eksekutif dibandingkan kelas lain. AC kereta api kelas eksekutif itu dingin sekali.

Jika malam, kamu sepertinya harus gunakan selimut agar tidak kedinginan saat tidur di kereta. Di kereta api eksekutif dilarang merokok ya, sama dengan ketentuan di tipe kelas kereta api yang lain.

Colokan Listrik dan Tersedianya Bantal/Selimut

Kereta api kelas eksekutif sediakan colokan listrik yang dapat kamu pakai. Asyiknya lagi, ada fasilitas bantal dan selimut yang dapat kamu gunakan dengan gratis (untuk perjalanan tertentu).

Durasi waktu Perjalanan

Tipe kelas kereta api kelas eksekutif tidak stop setiap stasiun, sahabat tiket. Karenanya, durasi waktu perjalanan kereta api eksekutif bisa lebih cepat dibanding kereta ekonomi dan bisnis untuk jarak menempuh yang sama.

Daftar Kereta Api Kelas Eksekutif

Berikut ini daftar nama kereta api yang masuk kedalam kelas Eksekutif

  • Kereta Api Argo Bromo Anggrek
  • Kereta Api Argo Wilis
  • Kereta Api Argo Lawu
  • Kereta Api Argo Dwipangga
  • Kereta Api Argo Sindoro
  • Kereta Api Argo Muria
  • Kereta Api Argo Cheribon
  • Kereta Api Argo Parahyangan
  • Kereta Api Argo Lawu Fakultatif
  • Kereta Api Argo Dwipangga Fakultatif
  • Kereta Api Argo Sindoro Fakultatif
  • Kereta Api Argo Muria Fakultatif
  • Kereta Api Bima
  • Kereta Api Brawijaya
  • Kereta Api Gajayana
  • Kereta Api Turangga
  • Kereta Api Bangunkarta
  • Kereta Api Sembrani
  • Kereta Api Taksaka
  • Kereta Api Purwojaya
  • Kereta Api Gajayana Fakultatif
  • Kereta Api Sembrani Fakultatif
  • Kereta Api Taksaka Fakultatif
  • Kereta Api Sribilah Eksekutif

Daftar Kereta Api Kelas Campuran

Berikut ini daftar nama Kereta Api kelas campuran

  • Kereta Api Argo Cheribon
  • Kereta Api Argo Parahyangan
  • Kereta Api Mutiara Selatan
  • Kereta Api Wijayakusuma
  • Kereta Api Harina
  • Kereta Api Fajar/Senja Utama Solo
  • Kereta Api Fajar Utama YK
  • Kereta Api Senja Utama YK
  • Kereta Api Sawunggalih
  • Kereta Api Lodaya
  • Kereta Api Pangandaran
  • Kereta Api Sancaka
  • Kereta Api Mutiara Timur
  • Kereta Api Malabar (Eksekutif, Bisnis & Ekonomi)
  • Kereta Api Ranggajati (Eksekutif & Bisnis)
  • Kereta Api Gumarang (Eksekutif & Bisnis)
  • Kereta Api Ciremai (Eksekutif & Bisnis)
  • Kereta Api Sancaka Utara (Eksekutif & Bisnis)
  • Kereta Api Sindang Marga (Eksekutif & Bisnis)
  • Kereta Api Sribilah Utama (Eksekutif & Bisnis)
  • Kereta Api Purwosari Tambahan (Eksekutif & Bisnis)
  • Kereta Api Baturraden Ekspres (Eksekutif & Bisnis)
  • Kereta Api Argo Parahyangan (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Wijayakusuma (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Harina (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Mutiara Selatan (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Senja/Fajar Utama Solo (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Mataram (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Senja Utama YK (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Fajar Utama YK (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Sawunggalih (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Lodaya (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Kertanegara (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Pangandaran (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Sancaka (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Mutiara Timur (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Sriwijaya (Eksekutif & Premium)
  • Kereta Api Argo Cheribon (Eksekutif & Ekonomi)
  • Kereta Api Singasari (Eksekutif & Ekonomi)
  • Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan (Eksekutif & Ekonomi)
  • Kereta Api Jayabaya (Eksekutif & Ekonomi)
  • Kereta Api Bangunkarta (Eksekutif & Ekonomi)
  • Kereta Api Bogowonto (Eksekutif & Ekonomi)
  • Kereta Api Gajah Wong (Eksekutif & Ekonomi)
  • Kereta Api Malioboro Ekspres (Eksekutif & Ekonomi)
  • Kereta Api Kamandaka (Eksekutif & Ekonomi)
  • Kereta Api Joglosemarkerto (Eksekutif & Ekonomi)
  • Kereta Api Kaligung (Eksekutif & Ekonomi)
  • Kereta Api Brantas (Eksekutif & Ekonomi)
  • Kereta Api Dharmawangsa (Eksekutif & Ekonomi)
  • Kereta Api Pangrango (Eksekutif & Ekonomi)
  • Kereta Api Logawa (Bisnis & Ekonomi)

Perbedaan Sub Kelas Kereta Api di Indonesia

Disamping mempunyai perbedaan kelas kereta api, ada pula perbedaan sub kelas kereta api yang perlu kamu ketahui. Nach, jenis sub kelas kereta api Indonesia dipisah menjadi:

  • Sub Kelas Kereta Api Ekonomi: C, P, Q, S, Z (harga paling tinggi untuk sub kelas C dan harga paling rendah reguler untuk sub kelas S, sub kelas Z ialah harga tiket promosi).
  • Sub Kelas Kereta Api Usaha: B, K, N, O, Y (harga paling tinggi untuk sub kelas B dan harga paling rendah reguler ialah sub kelas O, sub kelas Y ialah sub kelas pada harga promosi).
  • Sub Kelas Kereta Api Eksekutif: A, H, I, J, X (harga paling tinggi untuk sub kelas A dan harga paling rendah reguler ialah sub kelas J, sedang X ialah sub kelas pada harga promosi).

Kemungkinan kamu bertanya, kenapa ada perbedaan harga untuk tiap-tiap sub kelas? Soalnya berbeda area tempat duduk, berbeda kenyamanannya.

Sub kelas pada harga paling mahal umumnya memperoleh tempat duduk di sisi tengah gerbong atau dekat dengan gerbong makan untuk pesan makanan ringan, makanan, dan minuman.

Daftar Kereta Api yang Sudah Tidak Beroperasi

Berikut ini daftar nama kereta api yang sudah berhenti beroperasi di Indonesia yang dilansir dari wikipedia:

  • Kereta Api Anjasmoro
  • Kereta Api Argo Bromo
  • Kereta Api Argo Gede
  • Kereta Api Argo Jati
  • Kereta Api Argopuro
  • Kereta Api Badrasurya
  • Kereta Api Baraya Geulis
  • Kereta Api Bumi Geulis
  • Kereta Api Cantik Ekspres
  • Kereta Api Cepat Sidareja
  • Kereta Api Cianjuran
  • Kereta Api Cipuja
  • Kereta Api Cirebon Ekspres
  • Kereta Api Cisadane
  • Kereta Api Citrajaya
  • Kereta Api Dolok Martimbang
  • Kereta Api Empu Jaya
  • Kereta Api Fajar Utama Semarang
  • Kereta Api Feeder Purworejo
  • Kereta Api Feeder Wonogiri
  • Kereta Api Galuh
  • Kereta Api Gaya Baru Malam Utara
  • Kereta Api Gunung Jati Ekspres
  • Kereta Api Jatayu
  • Kereta Api Jayabaya Selatan
  • Kereta Api Jayabaya Utara
  • Kereta Api Joglokerto
  • Kereta Api Kaligangsa
  • Kereta Api Kalijaga
  • Kereta Api Kamandanu
  • Kereta Api Krakatau
  • Kereta Api Kuda Putih
  • Kereta Api Limex Gaja Baru
  • Kereta Api Madiun Ekspres
  • Kereta Api Mahesa
  • Kereta Api Malang Ekspres
  • Kereta Api Mataram
  • Kereta Api Merak Jaya
  • Kereta Api Mutiara Utara
  • Kereta Api Pajajaran
  • Kereta Api Pandanaran
  • Kereta Api Pandanwangi
  • Kereta Api Papandayan Ekspres
  • Kereta Api Parahyangan
  • Kereta Api Patas Bandung Raya
  • Kereta Api Pekalongan Ekspres
  • Kereta Api Penataran Utama
  • Kereta Api Priangan Ekspres
  • Kereta Api Purbaya
  • Kereta Api Putri Hijau
  • Kereta Api Rangkas Jaya
  • Kereta Api Rengganis
  • Kereta Api Senja Singosari
  • Kereta Api Senja Utama Semarang
  • Kereta Api Solo Jaya
  • Kereta Api Songgoriti
  • Kereta Api Suryajaya
  • Kereta Api Tawang Mas
  • Kereta Api Tawangmangu
  • Kereta Api Tegal Bahari
  • Kereta Api Tirtonadi
  • Kereta Api Kalimaya
  • Kereta Api Banten Ekspres

Itulah informasi mengenai Kereta Api di Indonesia yang dapat Admin sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan informasi ini. Jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar Tiketly.com.